Home » Berita » Sebanyak 8 Calon Yang Baru Kembalikan Formulir Pendaftaran Panwaslu Sumsel - Trijaya FM Palembang

Sebanyak 8 Calon Yang Baru Kembalikan Formulir Pendaftaran Panwaslu Sumsel

PALEMBANG – KPU Sumatera Selatan hingga siang tadi baru menerima 8 berkas formulir pendaftaran Panwaslu Sumsel yang telah dikembalikan oleh calon anggota panwaslu sumsel.

Anggota KPU Sumsel yang juga Ketua Tim Seleksi Panwaslu Semsel, Ardiyan Saptawan mengatakan sejak dibukanya penerimaan anggota Panwaslu sumsel oleh KPU Sumsel tanggal 14 Mei lalu, sebanyak 26 orang telah mengambil formulir pendaftaran ke KPU Sumsel.

“Selama pendaftaran dilakukan sebanyak 26 orang telah mengambil formulir pendaftaran, namun baru 8 orang yang mengembalikan berkas formulir pendaftaran ke KPU Sumsel” kata Ardiyan.

Lebih lanjut Ardiyan mengatakan dari 8 orang calon yang telah mengembalikan berkas formulir pendaftaran tersebut memiliki profesi yang beragam antara lain dari akademisi, profesional dan swasta.

Menurut Ardiyan Saptawan, syarat yang paling penting yang harus dipenuhi oleh calon anggota Panwaslu sumsel yaitu tidak boleh terdaftar sebagai anggota partai politik sejak lima tahun terakhir.

“Syarat untuk mencalonkan diri sebagai anggota panwaslu hampir sama dengan syarat untuk mencalonkan diri menjadi anggota KPU, yang paling penting tidak boleh terdaftar sebagai anggota parpol sejak lima tahun terakhir.” tambah Ardiyan.

Ardiyan menambahkan nantinya setelah calon telah mengembalikan berkas formulir pendaftaran, KPU Sumsel akan langsung lakukan seleksi administrasi dan akan diumumkan 22 Mei mendatang, selanjutnya setelah pengumuman semua calon yang dinyatakan lulus akan mengikuti tes tertulis pada 24 Mei yang sebelumnya ada tanggapan masyarakat terhadap calon yang dinyatakan lulus 23-27 Mei, dan terakhir KPU akan lakukan pleno untuk menetapkan 6 orang calon yang dinyatakan lulus serta selanjutnya langsung diserahkan ke Bawaslu untuk seleksi menjadi 3 orang anggota Panwaslu sumsel. (Ino)

Beri komentar