Home » Berita » Komnas HAM Akan Evaluasi Program Berobat dan Sekolah Gratis Sumsel

Komnas HAM Akan Evaluasi Program Berobat dan Sekolah Gratis Sumsel

MOU Di Tanda Tangani

Logo Komnas HAM

Palembang – Komnas HAM akan evaluasi program berobat dan sekolah gratis di Sumatera Selatan. Program ini sendiri saat ini telah berjalan di Sumsel selama satu tahun. Untuk melaksanakan hal ini Komnas HAM bersama Pemprov Sumsel melakukan penandatangan MOU kerjasama yang dilakukan pada Kamis, (21/01) di Ruang Rapat Bina Praja Pemprov Sumsel.

Ketua Komnas HAM Ifdal Kasim mengatakan kerja sama ini dilakukan atas dasar penilaian bahwa pemprov Sumsel telah menjalankan program-program yang merupakan hak dasar manusia yaitu, Sekolah gratis SD – SMU negeri dan swasta, berobat gratis dari puskesmas Hingga RS. Cipto Mangukusuma dan RS. Harapan Kita Jakarta.

Selain itu Pemprov Sumsel juga sedang giat-giatnya menjalankan program rumah murah bagi PNS dan buruh yang akan diikuti oleh seluruh kabupaten dan kota di Sumsel. Dengan MOU ini maka pihaknya akan memantau langsung apakah program dasar ini telah mencapai sasaran atau belum.

“Peninjauan langsung ini sekaligus akan menjadi bahan evaluasi yang akan di samapikan kepada pemprov Sumsel” Kata Ifdal.

Kerjasama Komnas HAM dan Pemprov Sumsel juga menyangkut sosialisasi HAM di Sumsel terutama kepada Polisi Pamong Praja. Pihaknya menilai selama ini Pol PP telah menjadi sorotan atas tindakannya yang selalu melanggar HAM dalam hal tindakan penggusuran.

Sementara, Gubernur Sumsel Alex Noerdin menargetkan dalam 3 tahun mendatang program berobat dan sekolah gratis harus berjalan dengan baik. Hal yang sama juga dengan perumahan. Pihaknya menyambut baik rencana evaluasi Komnas HAM terhadap program-program Sumsel. (Fatur)

Beri komentar