Home » Berita » Inovator Gubernur Sumsel Di Akui Presiden

Inovator Gubernur Sumsel Di Akui Presiden

JAKARTA – Sebagai bentuk penghargaan kepada para kepala daerah, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) menyerahkan Piala Citra Abdi Bhakti Negara kepada 42 walikota dan bupati di seluruh Indonesia. Selain Piala Citra, Presiden didampingi ibu negara, Ani Yudhoyono juga menyerahkan penghargaan“ Kepeloporan dan Inovasi” kepada 3 gubernur, 2 walikota, dan 2 bupati.

Para kepala daerah yang memperoleh penghargaan kepeloporan dan inovasi itu antara lain Gubernur Sumsel H Alex Noerdin, Gubernur NAD Irwandi Yusuf, Walikota Parepare Moh Zain Katoe, dan Bupati Merauke Johanes Gluba Gebze.

Piala Citra Abdi Bhakti Negara antara lain diberikan kepada Walikota Banda Aceh, Bupati Seluma, walikota Tegal, Walikota Makassar, Bupati Bone, dan Bupati Paser. Dua jenis penghargaan itu diberikan setelah melalui proses panjang di Kementerian Pendayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN & RB).

“Penghargaan ini sebagai upaya membangun budaya dan peradaban bangsa yang baik. Mudah-mudahan bisa membangkitkan semangat para kepala daerah untuk terus meningkatkan pengabdiannya,” ujar SBY di Istana Negara Jakarta, kemarin (11/2).

Penghargaan yang diberikan dua tahun sekali sejak 2006 tersebut sebagai bentuk pembinaan yang dilakukan oleh MenPAN&RB kepada para kepala daerah. Ada tiga tahap sebelum penghargaan diberikan, yaitu usulan dari provinsi, penilaian oleh tim yang terdiri dari LSM, media, perguruan tinggi, dan pemerintah, putusan terakhir dilakukan oleh tim pengarah yang dipimpin MenPAN & RB.

MenPAN&RB, EE Mangindaan mengatakan ada 12 komponen penilaian dalam penghargaan tersebut. Penilaian itu ialah tentang kebijakan deregulasi dan debirokratisasi pelayanan, penegakkan disiplin kebijakan korporasi unit pelayanan publik, pengembangan manajemen di daerah, peningkatan profesionalisme pejabat atau pegawai di bidang pelayanan public, pembangunan kemasyarakatan dan
sejauh mana kesejahteraan ditingkatkan.

Komponen berikutnya mendorong pembangunann ekonomi daerah, pengembangan dan pemanfaatan e-government, penerapan standar ISO 9001 dalam pelayanan publik, kepemimpinan kepala daerah, ketersediaan sarana fisik pelayanan publik, dan pandangan para pemuka masyarakat terhadap kinerja bupati dan walikota.

Gubernur Sumsel, H Alex Noerdin yang mendapat penghargaan itu mengaku bangga karena kinerja Pemprov Sumsel selama ini ternyata mendapat penilaian dari pemerintah pusat. “Kita bangga, senang, mudah-mudahan penghargaan ini bisa memberi semangat bagi kita, pemerintah dan masyarakat Sumatera Selatan untuk terus meningkatkan pengabdian dan memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat,” pungkasnya. (Rilis/Fatur/Trijaya)

Beri komentar