Home » Berita » Longsor Di Jalinbar Sumsel Telan Korban

Longsor Di Jalinbar Sumsel Telan Korban

LAHAT – Bencana alam berupa tanah longsor yang terjadi di desa Gunung Kembang Kecamatan Kikim Timur Kabupaten Lahat sekitar pukul 23.00 Kamis (18/2) malam menyebabkan seorang pengendara kendaraan roda empat yang melintas meninggal dunia akibat tertimpa batang pohon besar dan tertimbun tanah longsor.

Informasi yang berhasil dihimpun, Sripo, Ruslan Iskandar (30) warga Jl Peltu HM Toha No 026 Lahat yang baru saja membeli mobil jenis Daihatsu Jet Star pick up (dalam keadaan rusak) warna hitam tanpa nomor polisi (nopol), ditarik dengan menggunakan mobil minibus Daihatsu Hi Jet 1000 berwana merah nopol BG 2482 LE yang dikendarai Bambang (30) warga Serinanti Lahat. Mobil berjalan menuju kabupaten Lahat dengan lima penumpang di dalamnya. Mobil yang ditarik melalui jalan lintas Sumatera (jalinsum) dari arah desa Bunga Mas menuju kabupaten Lahat tersebut ketika tiba di TKP, tali penarik mobil milik Ruslan mengalami insiden. Sehingga kedua pemilik mobil turun untuk memperbaiki kondisi tali tersebut.

Namun, baru selesai melakukan perbaikan, ketika mobil akan ditarik kembali, tiba-tiba tanah diatas sebelah kiri mereka terjadi longsor. Ruslan yang tidak sempat keluar dari dalam mobil Jet Star pick up yang baru saja dibelinya tertimpa dua pohon besar dan tertimbun tanah hingga meninggal dunia di TKP. Akibat longsor tersebut, jalinsum mengalami lumpuh total kurang lebih empat jam, pihak kepolisian, Danramil, pemerintah kecamatan setempat bersama masyarakat sekitar berusaha mengevakuasi Ruslan yang tertimbun dalam tanah sekitar pukul 03.00 dengan eksavator yang dipinjam dari salah satu perusahaan yang berada di sekitar lokasi kejadian.

Setelah berhasil dievakuasi, korban langsung dibawa ke rumah sakit Lahat. Kemacetan akibat longsornya tebing di desa Gunung Kumbang tersebut hampir mencapai satu kilometer. “Kejadiannnya sekitar pukul 23.00, hujan masih rintik-rintik, kami mengetahui kejadian setelah ada keributan, lokasinya cukup jauh dari desa ini,” ungkap Harmono (32) warga kecamatan Kikim Timur.

Kapolres Lahat Kapolres Lahat AKBP Drs Iwan Yusuf Chairudin didampingi Kasat Reskrim AKP Roman Smaradhana Sik melalui Kapolsek Kikim Timur Iptu Heri Sutrisno mengatakan, setelah mendapatkan laporan, pihaknya langsung menuju TKP untuk mengevakuasi korban serta membuka kembali Jalinsum yang tertimbun longsor. Kedua korban tewas berhasil dievakuasi malam itu juga. (Sripo/Trijaya)

Beri komentar