Home » Berita » Penggabungan kembali daerah Pemekaran tidak Mudah - Trijaya FM Palembang

Penggabungan kembali daerah Pemekaran tidak Mudah

Salah satu kabupaten pemekaran di sumsel Oku Selatan

PALEMBANG – Penggabungan daerah pemekaran yang dinilai gagal sangat sulit diterapkan pasalnya harus mencabut UU pembentukan wilayah tersebut. Selain itu tarik menarik kepentingan politik baik dikabupaten provinsi dan pusat pastinya akan terjadi.

Kepala Biro Otonomi Daerah Pemprov Sumsel Ahmad Rizali, saat dimintai keterangan soal wacana penggabungan mengatakan penggabungan daerah yang baru dimekarkan akan sangat sulit karena pembentukan kabupaten pemekaran juga diatur dalam UU. Beratnya penggabungan terdapat pada pencabutan UU pembentuk wilayah tersebut karena berbagai kepentingan politik pasti terjadi.

Mengenai wacana penggabungan OKUS yang kini mulai marak, apalagi akan melakukan pilkada yang kedua kalinya, Ahmad Rizali menjelaskan lebih baik diadakan pilkada saja dari pada penggabungan. Siapapun yang memimpin beri kesempatan yang kedua kalinya untuk membangun OKUS.

Sementara mengenai pemekaran Muratara dan Pali,  dia mengatakan saat dalam evaluasi oleh Depdagri. Menurutnya pemekaran harus hati-hati jangan sampai terulang dua kali pemekaran asal-asalan hanya karena kepentingan leit politik  tertentu sementara secara SDA sebetulnya tidak layak dimekarkan. Jika ini terjadi maka hanya akan menghabiskan uang negara. (Fatur)

Beri komentar