Home » Berita » Peradaban Atlantis Ada Di Indonesia

Peradaban Atlantis Ada Di Indonesia

Jakarta – Pada zaman dahulu, ada sebuah benua bernama Atlantis dengan peradabannya yang sangat maju. Benua itu ternyata tidak hilang, namun kini sudah menjadi negeri bernama Indonesia.

Ini adalah kesimpulan Profesor Arysio Santos setelah melakukan penelitian selama 30 tahun terakhir. Dia menyakini wilayah Atlantis adalah Indonesia.

“Profesor Santos memperoleh keyakinan setelah melakukan penelitian kalau Indonesia adalah Atlantis yang hilang,” ujar Jimmly Assiddiqie dalam sambutan Seminar Nasional ‘Indonesia Atlantis yang Sesungguhnya’ di Museum Indonesia TMII, Jakarta, Sabtu (20/2/2010).

Menurut Jimly, karya Santos yang kemudian dibukukan dengan judul ‘Atlantis, The Lost Continent Finally Found’ didukung sejumlah fakta yang memang mendekatkan Indonesia dengan Atlantis. Bahkan, kata Jimly, pernyataan arkelog, manusia tertua adalah Pithecanthropus Erectus semakin mengindikasikan hal tersebut.

“Ada info dari arkeolog, manusia tertua yakni pithecanthropus Erectus ya manusia Jawa. Jadi sangat mungkin peradaban hebat itu sebenarnya dari Indonesia,” terang anggota Wantimpres ini.

Jimly menambahkan, kalau memang memungkinkan, sebuah peradaban yang besar kemudian menghilang. Meski sempat hilang dari sejarah bangsa Indonesia dan umat dunia, Jimly menyarankan agar penelitian Santos ini dapat memotivasi bangsa Indonesia agar bangkit dari situasi sekarang.

“Paling penting adalah bahwa kita pernah hebat, ini (buku karya Santos) sebagai sumber motivasi ke depan agar bisa maju,” tandas Jimly.

Sementara itu, Direktur LIPI Profesor Dr Umar Anggara mengatakan agar temuan Santos ini dijadikan motivasi para ilmuwan Indonesia untuk membuktikan kebenarannya secara akademis.

“Saya harap buku ini bisa menginspirasi bagi para ilmuwan untuk mencari kebenaran secara akademik. Karena menyinggung Indonesia dan sudah sepatutnya kita yang mencari tahu,” imbuh Umar. (Dtk/Trijaya)

26 komentar untuk “Peradaban Atlantis Ada Di Indonesia”

  1. wah payah tuh prof. santos masih percaya aja teori darwin,.
    dah tau profesor dieropa dah g percaya ma tu teori darwin,. smpe2 tengkorak2 yg ada dimuseum mereka pada dibuangin.., bhwa tngkorak trsbt g s,pe 1000 thun.
    profesor yg kolot
    weleh 3 x

  2. tomi aldo hakiki

    jika benar bagus dong ,indonesia harus bangga karna indonesia adalah atlantis di masa lampau , agar memotivasi bangsa indonesia agar menjadi sejaya atlantis……

  3. baru baru ini juga di temukan fakta bahwa atlantis ada di benua lain (bkn Indonesia)… Semoga saja para ilmuwan ini bersikap jujur tanpa ditunggangi kepentingan lain. Memang sebaiknya ilmuan kita menidak lanjuti hasil penelitian profesor santos. Tapi Dananya penelitiannya dari mana ya…. 🙁

  4. Beben Jazz

    Dari dulu saya selalu mengikuti dan tertarik sesuatu yang berbau Atlantis, keingintahuan saya begitu besar beli film2 nya, buku2 nya. Makanya begitu keluar buku ini kaget juga Takjub sekaligus tambah rasa ingin tahunya. Hayukkk ilmuwan Indonesai di survey, di gali, di kaji, di teliti lebih lanjut

  5. akhmad junaedy

    Kerajaan Sriwijaya mungkin pewaris Atlantis. Leluhur kerajaan ini meninggalkan bukti kuat berupa ribuan megalit. Pastilah sebelum itu masih ada lagi kebudayaan yang tinggi di wilayah tersebut.

    • Akhmad Junaedy

      Belakangan, setelah mengikuti seminar tentang megalit di Lahat (16 Oktober 2012), anggapan saya sedikit berubah. Kerajaan Sriwijaya tetap saya anggap punya leluhur yang hebat, tapi apakah itu Atlantis lain lagi halnya

  6. ma’af ya…itu bukan teori darwin…tapi teori plato

  7. yudi

    Kayaknya sih benerr,,,tercermin dari watak dasar bangsa kita yang pemalas dan sukanya ongkang2 kaki,,mungkin terbawa dari jaman atlantis ya karena semuanya serba ada,,,kita kan punya lagu “bukan lautan tapi kolam susu” hehe,,saya pikir 90% benar,,tinggal 10% bukti2 otentiknya saja…

  8. jhon mallet

    kalau emng bner indonesia d sebut” atlantis pasti ada peninggalan’y. apakah ada?

    • Akhmad Junaedy

      Peninggalan arkeologinya tdk ada. Santos hanya mendasarkan teorinya pada kisah2 masa lalu yg hidup di berbagai belahan dunia yg merujuk kpd sebuah banjir besar yg menenggelamkan sebuah peradaban yg amat maju. Banjir besar itu sendiri secara geologis memiliki bukti2 yg cukup kuat. Indonesia, menurut Santos, adalah tempat yg paling ideal dan paling sesuai utk keberadaan Atlantis. Ia menunjuk wilayah di sebelah utara Jawa yg kini menjadi Laut Jawa sbg lokasi kerajaan tsb. Kalau memang kita mau membuktikannya, selidiki saja tempat itu. Kalau terbukti ada, hebatlah kita. Kalau tdk ada, artinya kisah ini memang hanya kisah semata

  9. eko adam Lemurian

    saya ragu pemerintah mau mengeluarkan biaya untuk hal tersebut,, karena pemerintah indonesia terlalu miskin untuk melakukan hal yang luar biasa ini.

  10. anggi

    gua ga percaya sama semua ini, gua cuma percaya sama tuhan

  11. berry

    itu dulu kan
    beda dgn sekarang

    udahlah, itu ga bakal ada perubahan dari indonesia kalo masih begini terus

  12. yogi

    bangsa indonesia selalu berada dlm lingkaran kebanggaan,padahal indodonesia terus dijajah oleh orang2nya sendiri hingga jauh dari kata maju!..
    indonesia adalah ‘negeri mimpi’…cuih!!!

  13. Wuih, mantap nih…

    Benar atau tidak benar yang penting ini akan menjadi sumber datangnya orang luar datang ke Indonesia. dan tentu saja akan membangkitkan semangat rakyat Indonesia. amien.

    Semakin Mantap dan Jaya Untuk Indonesia.!!!

  14. ty hyang jawata

    kayaknya pemerintah kurang antusias dgn realita ini

  15. ty hyang jawata

    wqw

  16. Ianiun

    The lost Atlantis finnaly found ? di INDONESIA ? ah masa .

  17. Naufal

    Kalian GILA semua, lain kata orang, lain pula kata kalian…

  18. Muhammad

    Ete Salah Pernyataan itu Bukan Berdasarkan Teori Darwin Tapi Oleh Plato

  19. taja

    masih banyak atlantis atlantis yang lain di nusatara gituuu coba aja cari sendiri pasti dapat…darpada ……..gua jamin bray…

  20. The lost Atlantis finnaly found ? di INDONESIA ? ah masa .
    SO masih banyak atlantis atlantis yang lain di nusatara gituuu coba aja cari sendiri pasti dapat…darpada ……..gua jamin bray

  21. The lost Atlantis finnaly found ? di INDONESIA ? ah masa .
    SO masih banyak atlantis atlantis yang lain di nusatara gituuu coba aja cari sendiri pasti dapat…darpada ……..gua jamin bray
    those the thread is missing for whats

Beri komentar