Home » Berita » Prospek Bagus, Ikan Belida Akan Dibudidayakan

Prospek Bagus, Ikan Belida Akan Dibudidayakan

Ikan Belida Sumber: negerihamesha. blogspot.com

PALEMBANG – Dinas Pertanian dan Peternakan Kota Palembang  berencana akan  membudidayakan ikan belida di balai benih ikan (BBI) Gandus.

Demikian diungkapkan oleh Kepala Dinas Pertanian dan Perikanan Misriadi di kantor camat Alang-Alang Lebar (01/4) siang tadi.

Masriadi menjelaskan, karena selama ini pihaknya belum pernah membudidayakan ikan belida. Padahal, prospek pasar terhadap ikan belida sangat tinggi, mencapai Rp 100 ribu per-Kg. Selain itu, keberaan ikan belida yang menjadi ikon kota pempek ini, sudah sulit didapat  di pasaran.

Oleh karena itu,  pihaknya mengutus tim untuk study banding cara pembudidayaan ikan balida ke BBI Provinsi Jambi.  Kemudian pernah juga dilakukan uji coba pembudidayaan di BBI rambutan. Dari pengalaman-pengalaman tersebut, pihaknya berencana akan mencoba untuk membudidayakan ikan belida dengan kapasitas besar di BBI Gandus.

Dia juga menjelaskan, pihaknya terah menganggarkan dana untuk pengadaan indukan ikan belida. indukan ikan yang dibutuhkan sebanyak 200 Kg. Lahan yang disediakan oleh BBI gandus untuk pembudidayaan seluas 1 hektar.

Namun karena kondisi lahan di BBI gandus saat ini, masih terendam banjir. Maka targetnya juni 2010 mendatang, pembudidayaan baru bias direalisasikan.

“ Kita optimis jika pembudidayaan ikan belida tersebut akan berhasil, sebagaimana pembudidayaan variditas ikan sebelumnya.” ujarnya.( Hazmin)

18 komentar untuk “Prospek Bagus, Ikan Belida Akan Dibudidayakan”

  1. abdul sarif

    saya penggemar ikan belida dan punya cita2 untuk jadi pengusaha yang sukses membudidayakan ikan belida di rokan hulu

  2. Wah, baguslah kalo ikan belida ada budidayanya. Ikan mantabb untuk pempek ini. Pempek yang kita buat ada juga dari belida, special by request, utamanya pempek tenggiri. Di pasar, ikan belida ini harganya paling mahal dibandingkan ikan2 utk pempek lainnya.
    ditunggu oleh pempek lince nich.

  3. frizal

    setujuh dgn rencana pembudidayaan ikan belida,harus direalisasikan

  4. M.Jahir

    wah……..sangat menjajikan sekali..tlong alamat BBI saya ingin sekali mencari bibit ikan belida belida. tkss.

  5. Dimana tempat mendapatkan benih belida??

  6. Erik

    Kepada Dinas Perikanan Kota Palembang, bisa minta tolong dikirim induk ikan belida?

  7. erik

    Dinas Perikanan Palembang bisa tolong kirim induk ikan Belida?

  8. erik

    Dinas Perikanan Palembang, bisa kirim induk ikan Belida?

  9. rayana

    seharusnya mang dmk BBI mjd sentra ikon ikan di daerahnya masing2 shg dpt mjd pusat pembelajran bg lainnya

  10. EDI SOOFO

    Kepada siapapun/ rekan-rekan mohon informasi, di mana saya bisa membeli bibit/ indukan/ benih ikan belida

  11. saya juga memohon untuk rekan2 agar memberi informasi dimana saya bisa membeli benih ikan belida. terima kasih 🙂

  12. andre

    mohon info supplier ikan belida

  13. kiagusz

    S/d bulan Desember 2014,pembudayaan ikan belida cuma mimpi,kalau dilaksanakan melalui proyek Pemerintah baik itu APBD/APBN.sulit akan berhasil,teori2nya hebat krn banyak profesornya dan S1,S2,S3 dibidang peternakan.Tetapi korupsi dibirokrasi ini bagaikan gurita,sulit utk dibasmi.Paling cocok modal swasta atau investor swasta dalam negeri/PMA yg mengelolan dan mengembangkannya jika mereka diberikan kemudahan,mulai dari ijin,infrastruktur,dsbnya.Insyaallah akan berasil.

  14. ricanx

    saya punya tangkapan ikan belida.. sehari kurang lebih 5-10 kg.. jika memang harganya benar mendekati 100rb/kg saya berdomisili wilayah salatiga 085717084170

  15. YAHLENADIHARTY

    kita ikutan investasi bos Kiagusz

Beri komentar