Home » Berita » Ekonomi Global; Harga Emas Murni Merangkak Naik - Trijaya FM Palembang

Ekonomi Global; Harga Emas Murni Merangkak Naik

PALEMBANG – Harga emas di pasaran merangkak naik dua hari terakhir, seiring kenaikan mata uang dollar terhadap rupiah.

Demikian diungkapkan oleh pedagang toko emas Laris  Jecky di pasar Dhika ( 4/5) siang tadi.

Jecky menyatakan, sudah dua hari terakhir harga emas murni atau mas 24 karat mengalami kenaikan harga, dari harga Rp. 2.060 ribu naik menjadi Rp 2.120 ribu per-suku atau sama dengan Rp 320 ribu per-gram. Kemudian emas 20 karat Rp 290 ribu per-gram.

Kenaikan harga emas dipasaran, mempengaruhi tingkat pembeli emas. Karena pembeli biasanya meningkat ketika harga emas turun harga.

Jecky menjelaskan, fluktuatifnya harga emas dipasaran mulai terasa pada bulan desember 2009. Mulai dari kenaikan harga emas yang mencapai Rp 2.150 ribu, kemudian turun Rp 2.120 ribu, lalu naik kembali menjadi Rp 2.300 ribu per-suku.

Dia juga menjelaskan, naik turunnya harga emas sangat tergantung dengan kondisi perekonomian dunia saat itu. Maka untuk mendapatkan informasi secara cepat, pihaknya mendapatkan informasi langsung dari Jakarta jika terjadi pergolakan harga Dollar terhadap Rupiah atau diukur dari pergolakan perusahaan tambang emas.  Selain sumber diatas, pergolakan ekonomi global juga dapat dipantau melalui media yang memfasilitasi pergolakan bursa saham seperti TV One atau Metro TV.

Lebih lanjut dia menjelaskan untuk mengantisivasi penipuan saat jual beli emas, pihaknya menyediakan batu khusus untuk mengecek kemurnian emas atau cairan obat khusus untuk mengecek kemurnian emas. bahkan dengan alat tersebut selain bisa membedakan emas campuran seperti logam, tapi juga bisa membedakan kualitas antar emas, dengan perbedaan kemurnian warna emas.

Beri komentar