Home » Berita » Sebagian Pesantren Tidak Peduli Toilet

Sebagian Pesantren Tidak Peduli Toilet

Palembang – Sebagian pembangunan pondok pesantren (ponpes) saat ini belum menyentuh infrastruktur penting dalam sebuah bangunan salah satunya toilet.

Menurut kepala Bidang  PK pontren, Kementerian Agama Wilayah Sumatera Selatab, Janaludin kepada Trijaya pagi (20/5) tadi, hal tersebut menyebabkan gangguan pada jalannya proses pendidikan. Dia menilai infrastruktur yg ada hampir kurang diperhatikan ditiap ponpes adalah toilet.

Dia mengatakan toilet harus diperhatikan oleh para pengurus ponpes di tiap daerah. Dia menilai, Islam merupakan agama yg mementingkan kebersihan namun hampir ditiap ponpes kurang memperhatikannya. Dan mencederai salah satu falsafah Islam yakni “kebersihan sebagian dari iman”. Dia mengatakan idealnya toilet ada untuk per 15-20 orang santri.

Lebih jauh lagi dia menambahkan dari 349 ponpes yg ada di Sumatera Selatan baru beberapa tempat saja yg sudah.

Untuk itu dia mengatakan bantuan yg akan segera dikucurkan sebanyak Rp.5 Milyar dari gubernur, nantinya dapat menyentuh pembangunan infrastruktur yg dibutuhkan tersebut.

“Banyak ponpes di Sumsel kurang memperhatikan toilet bagi santrinya” tambahnya.

Sementara itu, Ketua Forum Ponpes Sumsel, Imam Baridzi membantah hal tersebut, dia mengatakan itu merupakan penilaian dari Kemenag. Dan saat ini pihaknya akan segera menerima bantuan sebanyak Rp. 5 Milyar dan 3000 pintu untuk dibagi rata ditiap ponpes. (Anjang/Trijaya)

Beri komentar