Home » Berita » Pasca Sea Games: Sumsel Ingin Jadi Tuan Rumah Asian Games

Pasca Sea Games: Sumsel Ingin Jadi Tuan Rumah Asian Games


Palembang – Pasca SEA Games XXVI tahun 2011 nanti, Provinsi Sumatra Selatan (Sumsel) masih berminat menjadi tuan rumah pekan olahraga tingkat internasional.

Gubernur Sumsel Alex Noerdin mengatakan pihaknya membidik menjadi penyelenggara dua ajang olahraga internasional pasca Sea Games XXVI, yaitu tuan rumah Olimpiade Catur 2014 dan tuan rumah Asian Games 2018 atau 2019, karena sekarang sedang ada rencana memundurkan Asian Games ke tahun 2019 agar tidak bersamaan dengan Pekan Olahraga negara persemakmuran di Glasgow.

Menurutnya Pasca menjadi tuan rumah SEA Games XXVI, Sumsel, akan memiliki berbagai fasilitas olahraga bertaraf internasional yang berada dalam satu kawasan, yaitu kawasan Jakabaring Sports City.

Di kawasan Jakabaring Sports City, Sumsel memiliki beberapa venue yang representatif, seperti seperti lapangan tembak, kolam renang indoor, stadion atletik, stadion sepak bola, stadion tenis, gedung olahraga senam dan bulu tangkis, serta venue olahraga dayung dan ski air yang bertaraf internasional yang semua layak untuk pertandingan Olympiade

Demikian pula fasilitas pendukungnya, pasca SEA Games, Sumsel memiliki beragam fasilitas di antaranya wisma atlet. Kota Palembang sendiri memiliki beberapa hotel berbintang, bandara bertaraf internasional, dan kondisi kota yang terbebas dari macet. Ini bisa menjadi nilai jual tersendiri.

Untuk menjadi tuan rumah Asian Games, Sumsel telah menyampaikan permohonan ke Komite Olimpiade Indonesia (KOI) agar mendapatkan dukungan. Peluang Sumatra Selatan untuk terpilih menjadi tuan rumah Asian Games memiliki rentang waktu enam tahun setelah SEA Games. Asian Games XVII tahun 2014 akan berlangsung di Incheon, Korea Selatan. Untuk Asian Games XVIII tahun 2018 atau 2019 belum ada negara yang ditetapkan. (Rep/Trijaya)

Beri komentar