Home » Berita » Ikan Khas Palembang Terancam Punah

Ikan Khas Palembang Terancam Punah

Palembang – Populasi ikan khas Palembang seperti ikan belida dan gabus terancam punah, akibat penangkapan ikan menggunakan strum dan pola makanan masyarakat yang banyak memakai bahan baku ikan.

Kepala Dinas Pertanian Peternakan dan Kehutanan kota Palembang Sudirman Teguh menyatakan pola penangkapan ikan memakai alat strum dan racun putas, membawa dampak yang signifikan terhadap berkurangnya ikan di perairan sungai musi. menurutnya penangkapan ikan dengan pola tersebut, selain membunuh indukan dan anak ikan sekaligus, juga turut membunuh makhluk hayati lain.

Sementara itu, pola makan masyarakat yang benyak menggunakan bahan baku ikan seperti pembuatan pempek, pindang dan krupuk juga mempercepat penurunan populasi ikan di perairan sungai musi. penurunan tersebut terlihat dari banyaknya pemasok ikan dari provinsi Jambi dan Riau. menurutnya hal tersebut mengindikasikan bahwa populasi ikan yang ada di provinsi Sumsel telah mengalami pengurangan.

Lebih lanjut dia menjelaskan, untuk mengantisivasi kepunahan ikan-ikan khas Palembang seperti ikan Belido, Baung, Patin sungai dan Gabus. pihaknya akan melakukan riset penangkaran ikan-ikan tersebut untuk dibudidayakan di kolam benih ikan. Selain itu untuk mengurangi penagkapan ikan secara ilegal, pihaknya menyiapkan pos pemantau untuk melakukan patroli di perairan sungai musi. ( Hazmin/ trijaya)

Beri komentar