Home » Berita » POLEMIK TRIJAYA : Wow, Pil KB Kalah Sama Pilkada! - Trijaya FM Palembang

POLEMIK TRIJAYA : Wow, Pil KB Kalah Sama Pilkada!


JAKARTA – Besarnya jumlah penduduk berbahaya bagi peningkatan kualitas hidup masyarakat. Pengamat perkotaan dan kependudukan dari Universitas Trisakti dari Yayat Supriatna mengatakan jumlah penduduk yang melonjak cuma untungkan partai politik. “Besarnya jumlah penduduk justru untungkan parpol. Persoalan penduduk menjadi kata kunci bagi parpol, yaitu akan menentukan jumlah konstituen,” ungkapnya dalam diskusi Polemik Radio TRIJAYA, Sabtu (29/1/2011).

Menurutnya, partai politik memang tak menaruh perhatian pada masalah kependudukan karena memang cukup menguntungkan baginya dalam meraih kekuasaan. Suara rakyat yang banyak menjadi fokusnya.

Kepala Badan Koordinasi Keluarga Bencana Nasional (BKKBN) Sugiri Syarief mengakui lemahnya dukungan politik terhadap program-program kependudukan dan Keluarga Berencana. Oleh karena itu, BKKBN belum mampu menjadi lembaga yang kuat yang mampu berkoordinasi dan didukung secara politik dengan kuat.

“Pil KB kalah sama Pilkada,” selorohnya.

Karena lemahnya dukungan politik, baik dari pemerintah pusat maupun daerah, BKKBN menjadi lemah secara kelembagaan. Akibatnya, mengalami keterbatasan operasional.(kmp/trj)

Beri komentar