Home » Berita » Harga Cabe Kembali Pedas, 60 Ribu per-Kg - Trijaya FM Palembang

Harga Cabe Kembali Pedas, 60 Ribu per-Kg

Palembang – Setelah sempat turun harga selama seminggu. Harga cabe kembali melambung tinggi dari Rp 40 ribu per-Kg menjadi Rp 60 ribu per-Kg.

Hal ini berdasarkan pantauan Kepala Bidang Perdagangan, Dinas Perindustrian, Perdagangan dan Koperasi kota Palembang Yustianus dibeberapa pasar induk dan tradisional.

Dia menjelaskan meskipun kondisi penyeberangan yang menghubungkan pulau Jawa dengan pulau Sumatra sudah mulai berangsur pulih. Namun hal tersebut tidak mempengaruhi peningkatan distribusi cabe ke pulau Sumatera. Hal tersebut, akibat pengaruh harge cabe di pulau Jawa masih lebih tinggi dibanding pulau Sumatera.

Selain itu, faktor hujan dan musim tanam yang temporer. membuat pasokan cabe dari petani pengasil cabe yang berada di beberapa daerah di Sumsel juga mengalami penurunan.

“Karena stok cabe mulai menipis seminggu terkahir, akibatnya harga cabe malonjak naik dari 40-50 ribu per-Kg menjadi 55-60 ribu per-Kg”, Ujarnya.

Sementara itu, dia juga mengabarkan, untuk harga beras klas premium, terjadi penurunan yang cukup signifikan. Dari harga Rp 152 ribu per-karung menjadi Rp 142 ribu per-karung. Menurutnya penurunan tersebut akibat dampak positif dari penyaluran raskin dari bulog. Sehingga dapat mengurangi baban pasar tehadap kebutuhan baras. ( Hazmin / Trijaya)

Beri komentar