Home » Berita » Indonesia Diprediksi Alami Ledakan penduduk

Indonesia Diprediksi Alami Ledakan penduduk

PALEMBANG – Dalam waktu kurang dari 50 tahun atau pada tahun 2060, jumlah penduduk Indonesia diprediksi akan meningkat 2 kali lipat atau sekitar 475-500 juta jiwa. Pernyataan tersebut disampaikan Deputi Bidang Keluarga Sejahtera Pemberdayaan Keluarga BKKBN pusat,Drs. Pranyoto pada sambutannya di Rakerda BKKBN Sumsel.

Menurutnya rata-rata pertumbuhan penduduk kita 3,5-4 juta tiap tahunnya. Oleh sebab itu, pemerintah terus berupaya mengambil langkah-langkah operasional melalui koordinasi dan kemitraan dengan berbagai pihak terkait untuk meminimalisir terjadinya ledakan penduduk.

Sementara itu, Kepala BKKBN Sumsel, Tri Tjahjadi mengatakan bahwa pertumbuhan penduduk di Sumsel sendiri masih cukup tinggi. Dikatakannya pertumbuhan penduduk di Sumsel mencapai 110.000 per tahun.

Untuk itu program KKB tahun 2011 akan memperhatikan tidak hanya jumlah kuantitas penduduk, namun bagaimana keadaan kehidupan penduduk tersebut.

Tri Tjahjadi menambahkan akan meningkatkan peningkatan pelayanan kesehatan. Sebanyak 390 dokter dan 1.760 bidan di sumsel akan diberikan pelatihan kompetensi pelayanan IUD dan Implant. “Anggaran sebesar 13 Miliar lebih dari pemerintah akan kita gunakan untuk pelatihan para dokter dan bidan”, katanya. (fron/Trijaya)

Beri komentar