Home » Berita » Dinas Pariwisata Harus Berdayakan Travel Agen

Dinas Pariwisata Harus Berdayakan Travel Agen

Ketua Komisi V DPRD Sumsel, Bihaqqi Soefyan

Ketua Komisi V DPRD Sumsel, Bihaqqi Soefyan

PALEMBANG – Menjelang pelaksanaan SEA Games XXVI November mendatang, Dinas Pariwisata Sumsel diimbau segera memberdayakan travel agen yang ada di Palembang, sehingga tempat wisata yang dimiliki Sumsel dapat dikenalkan ke tamu dan pengunjung yang datang saat pelaksanaan SEA Games mendatang.

Ketua Komisi V DPRD Sumsel Bihaqqi Soefyan ditemui Senin (18/4) di ruang kerjanya menilai, pariwisata Sumsel harus segera di aktifkan karena bisa menjadi salah satu pemasukkan bagi Sumsel dan masyarakat.

“Yang datang saat SEA Games nanti kan dari sepuluh negara, dan mereka tidak bertujuan hanya untuk menonton saja, tapi juga membutuhkan hiburan dan kunjungan ke tempat-tempat wisata, nah ini yang harus di maksimalkan,” kata Bihaqqi.

Menurut Politisi Partai Demokrat ini, SKPD terkait harus mengkordinir travel agen untuk mempersiapkan diri menghadapi kunjungan para tamu SEA Games, seperti menyiapkan paket-paket wisata yang bisa ditawarkan ke pengunjung SEA Games.

Dikatakannya, travel agen yang ada di Palembang tidak bisa bekerja sendiri, tapi juga harus bekerjasama dengan travel agen dari negara lain.

“Pengusaha travel agen harus segera menyiapkan paket-paket tour dari sekarang, karena pelaksanaaan SEA Games sudah tinggal beberapa waktu lagi,” kata dia.

Bihaqqi menilai, kesiapan dunia pariwisata Sumsel masih minim, terutama soal kualitas tempat wisata yang ada, untuk itu Dina Pariwisata seharusnya dapat meningkatkan kualitas tujuan wisata yang ada di Sumsel, seperti jika di Kota Palembang yang harus di tingkatkan wisata airnya.

“SEA Games ini harus dimanfaatkan sebagai titik bangkit wisata Sumsel, karena itu tempat wisata andalan harus segera di perbaiki lagi kualitasnya,” ujarnya.

Menurut Bihaqqi, sektor wisata ini juga harus melibatkan masyarakat, seperti memberdayakan hasil kerajinan, kuliner dan lainnya.

“Pelibatan masyarakat ini sangat diperlukan karena dunia pariwisata memang tidak terlepas dari peran serta masyarakat. Selain itu, dalam menyambut kedatangan tamu SEA Games nantinya, tempat-tempat budaya seperti museum harus juga di percantik,” tandasnya. (Morino)

Beri komentar