Home » Berita » Anugrah Adiwarta Sampoerna “Kompetisi Jurnalistik”

Anugrah Adiwarta Sampoerna “Kompetisi Jurnalistik”

Palembang – Jumat (22/7) lalu PT HM Sampoerna Tbk  memperkenalkan sebuah gagasan penghargaan buat jurnalis terbaik  melalui payung program Sampoerna untuk Indonesia..

Tahun ini, memasuki tahun ke enam penyelenggaraan ajang kompetisi jurnalistik bergengsi bagi insan media dia tanah air, Anugerah Adiwarta Sampoerna. Melalui ajang penghargaan dan kompetisi jurnalistik tahunan ini, Sampoerna mempertegas komitmennya dalam mengapresiasi dan memotivasi insan media Indonesia untuk terus menghasilkan karya-karya terbaiknya.

Sama seperti tahun sebelumnya, tahun ini khusus untuk Kategori Liputan Investigatif Karya Cetak dan Online kembali membuka kesempatan seluas-luasnya bagi jurnalis untuk mengirim karya mereka tanpa adanya batasan bidang.

Hal ini bertujuan untuk mendorong semakin banyaknya karya-karya terbaik yang masuk untuk dinilai oleh dewan juri AAS. Penghargaan bagi  Liputan Investigatif ini diharapkan dapat mendorong kualitas penulisan para jurnalis sehingga mampu memberikan informasi yang akurat, berimbang dan dapat dipercaya kepada masyarakat.

Dalam upayanya mendorong profesionalisme dunia jurnalistik Indonesia, AAS 2011 kembali memberikan 2 penghargaan khusus yaitu “Jurnalis Muda Berbakat”, demi memacu tumbuhnya jurnalis-jurnalis muda berkualitas, serta “Anugerah Herawati Diah” guna mendorong munculnya srikandi-srikandi jurnalistik tanah air.

Penghargaan khusus lainnya “Foto Terbaik Tahun Ini” diberikan kepada jurnalis dengan karya foto terbaik yang mampu mewakili peristiwa selama satu tahun periode AAS.

Penghargaan AAS akan diberikan kepada karya jurnalistik yang memenuhi kriteria umum yaitu     Mampu memberikan informasi yang akurat dan berimbang, mampu menangkap suasana dari setiap aktivitas/kegiatan yang dilaporkannya, Mampu memberikan ide-ide inspiratif dan kritik membangun dalam bidang yang terkait dan memiliki teknis jurnalistik yang baik.

Khusus untuk Liputan Investigatif, kriteria penilaian juga mencakup:

  • Topik yang diangkat merupakan hal-hal yang  menjadi kepentingan umum;
  • Mengungkapkan fakta dan fenomena yang patut diketahui publik;
  • Pencarian informasi dan data dengan melakukan investigasi; dan
  • Komprehensif / bersifat mendalam.

Sebagai bentuk penghargaan bagi hasil karya terbaik Tanah Air, maka pemenang Anugerah Adiwarta Sampoerna 2011 akan menerima hadiah-hadiah sebagai berikut:

Kategori Cetak dan Online Liputan Investigatif

Pemenang akan mendapatkan uang tunai sebesar Rp. 27 juta, sementara finalis mendapatkan uang tunai sebesar Rp. 6 juta.

Kategori Cetak dan Online Liputan Kemanusiaan, Foto Berita, dan Televisi

Pemenang akan mendapatkan uang tunai sebesar Rp. 18 juta, sementara finalis mendapatkan uang tunai sebesar Rp. 3 juta

(Seluruh pajak pemenang ditanggung oleh PT HM Sampoerna Tbk.)

Syarat keikutsertaan dan informasi lebih lengkap mengenai ajang ini dapat dilihat di http://anugerahadiwarta.org

Beri komentar