Home » Berita » Penyeberangan Ferry Pindah Ke TAA

Penyeberangan Ferry Pindah Ke TAA

Ferry

Palembang-Penyeberangan kapal ferry jurusan Palembang-Bangka Belitung yang selama ini menggunakan pelabuhan 35 ilir Palembang akan dipindahkan ke pelabuhan Tanjung Api-Api (TAA). Hal ini disampaikan oleh Kepala Dinas Perhubungan dan Kominfo Provinsi Sumsel Sarimuda di Palembang Senin(12/12).

“Perpindahan pelabuhan penyeberangan ferry ini insyaalloh mulai efektif pada minggu ketiga Januari 2012″, kata Sarimuda.

Dengan perpindahan ini menurut Sarimuda dapat menghemat waktu tempuh Palembang-Bangka. “Kalau dari pelabuhan 35 ilir memakan waktu 9 jam, dari pelabuhan TAA hanya 4 jam saja”, tambahnya.

Sarimuda melanjutkan, operasional perpindahan kapal ferry dari pelabuhan TAA sudah dilakukan ujicoba. Pelabuhan TAA sudah siap diresmikan. Saat peresmian nanti bakal mengundang Menteri Perhubungan RI.

“Semua jenis penyeberangan Palembang-Bangka dari laut akan pindah kesana, termasuk kapal cepat. Tapi untuk kapal cepat belum sekarang”, bebernya.

Untuk Infrastruktur di pelabuhan TAA sendiri, Sarimuda mengaku sudah tersedia.” Jalan menuju kesana sudah ada, transportasi kita sudah beroperasi 2 unit bus Damri saat ini. Nanti akan kita sesuaikan dengan jumlah penumpang jika ada peningkatan”, ungkapnya.

Sementara itu, pasca dilakukan perpindahan penyeberangan kapal ferry ke pelabuhan TAA, pelabuhan 35 ilir sendiri akan difungsikan menjadi pelabuhan lokal. “Nanti akan tetap digunakan untuk dermaga tongkang dan kapal kecil”, pungkasnya. (Ghufron)

Beri komentar