Home » Berita » Walhi : Ada 21 Kasus Sengketa Lahan Berpotensi Konflik

Walhi : Ada 21 Kasus Sengketa Lahan Berpotensi Konflik

Palembang – Sengket lahan terutama lahan perkebunan di Sumatera Selatan terdapat 21 kasus yang berpotensi konflik. Kasus sengketa lahan ini hampir tersebar di Kabupaten di Sumatera Selatan terutama Musi Banyuasin dan Ogan Kemiring Ilir.

Peta Sumatera Selatan Yang Kaya Akan Perkebuna Sawit

Direktur Walhi Sumsel Anwar Syadat di Acara Palembang First Channel mengatakan kasus – kasus sengketa lahan yang melibatkan perkebunan Kelapa Sawit baik pemodal asing dan dalam negeri sangat erat kaitanya dengan kebijakan Hak Guna Usaha yang dimiliki pemilik modal.

“Hak Guna Usaha kadang tidak sesuai dengan aturan dan berbenturan dengan hak ulayat atau adat sehingga timbul konflik dengan rakyat”, Katanya.

Pihaknya meminta perusahaan-perusahaan perkebunan yang berpotensi konflik Hak Guna Usahanya ditinjau kembali. Sementara terkait dengan aksi yang dilakukan oleh ribuan petani bersama Walhi Sumsel, telah disepakati oleh Pemprov Sumsel melalui Wakil Gubernur Eddy Yusuf. Menurutnya pada tanggal 17 Januari 2012, pemprov bakal memanggil BPN, Bupati Musi Banyuasin dan Bupati OKI terkait sengketa lahan PT. SWA dan sengketa lahan di MUBA.

“Jika tak dilakukan pemanggilan pada tanggal tersebut pihaknya akan melakukan aksi kembali”, Pungkasnya. (Fatur/Trijaya)

Beri komentar