Home » Berita » DK Rekomendasikan Pemecatan Tiga Anggota KPU Muba - Trijaya FM Palembang

DK Rekomendasikan Pemecatan Tiga Anggota KPU Muba

PALEMBANG – Sebanyak tiga orang anggota Komisi Pemilihan Umum Kab. Muba, hasil sidang Dewan Kehormatan (DK) yang dibentuk oleh KPU Sumsel direkomendasikan untuk dipecat. Pasalnya, ketiga komisioner tersebut dinilai telah lakukan pelanggaran kode etik selama pelaksanaan pemilukada kab. Muba beberapa waktu lalu.

Anggota KPU Sumsel yang juga anggota Dewan Kehormatan KPU Sumsel, Chandra Puspa Mirza ketika dihubungi Trijaya mengatakan dari hasil sidang Dewan Kehormatan yang dibentuk KPU Sumsel, DK merekomendasikan pemecatan terhadap tiga anggota KPU Muba.

Pemecatan tersebut, diungkapkan Chandra, dikarenakan adanya pelanggaran kode etik yang dilakukan oleh ketiga komisioner tersebut.

“Dari hasil laporan masyarakat yang masuk, DK telah melakukan evaluasi dan menilai ketiganya memang telah melakukan penggaran kode etik itu.” ungkapnya.

Ditambahkan Chandra, DK telah melakukan evaluasi, adapun pelanggaran kode etik yang dilakukan antara lain tindakan ketiga komisioner yang telah merubah jumlah daerah pemilihan.

“Di Muba ada empat daerah pemilihan, dari keempat dapil tersebut memiliki jumlah kursi. Nah, jumlah kursi ini yang telah dirubah” ujarnya.

Selain itu, dilanjutkannya, DK juga telah melakukan evaluasi perilaku terhadap penyelenggara pemilu itu, hasil evaluasi menyimpulkan adanya perilaku yang tidak sesuai yang telah diilakukakan ketiga komisioner itu.

“Penyelenggara pemilu kan harus bekerja secara professional dan imparsial artinya tidak memihak” katanya.

Menurut Chandra, ketiga komisioner yang diberhentikan tersebut yakni Muhammad Khadafi yang direkondasikan diberhentikan dari ketua dan anggota, Ir. Erida dan H. Abu Bakar yang juga direkomendasikan diberhentikan sebagai anggota KPU Muba.

“Rekomendasi DK ini telah disampaikan kepada KPU Sumsel untuk dilaksanakan melalui pleno KPU Sumsel. Apapun hasil pleno KPU Sumsel nantinya tidak akan ada banding atau kasasi karena bersifat internal.” katanya kembali.

Mengenai pengganti tiga komisioner yang telah dipecat, Chandra mengatakan saat ini cadangan yang ada tinggal satu orang sehingga kekurangannya akan dipilih melalui seleksi kembali.

“Tiga orang diberhentikan, cadangan 1 orang, kekurangan akan dilakukan seleksi anggota KPU’ pukasnya. (Morino)

Beri komentar