Home » Berita » Duda dan Janda Pensiunan Jangan Nikah Lagi

Duda dan Janda Pensiunan Jangan Nikah Lagi

Palembang – Tahukah anda berapa besar dana pensiun para Pegawai Negeri Sipil. Ini dia jawabannya pada saat pemaran PT. Taspen di depan para PNS masa persiapan pensiun (MPP) di Graha Bina Praja.

Asisten Kesra Setda Pemprov Sumsel Aidit Azis Menyapa Wartawan, Mulai Terhitung Maret Aidit Azis Memasuki Masa Pensiun

Dana pensiun berdasarkan pemaparan pihak taspen yang dihadiri Asisten Kesra Pemprov Aidit Aziz, berasal dari 10 persen dana gaji PNS. Gaji PNS 100 persen tersebut sudah dipotong oleh Taspen sebesar 10 persen.

Potongan 10 persen untuk apa saja. Ini dia rinciannya, pertama, untuk iuran pensiun 4,75 persen, Tunjangan Hari Tua 3,25 persen dan Askes 2 persen.

Perhitungan pembayaran pensiunnya adalah 60 persen x gaji PNS terahir X x masa kerja. Adapun fasilitas yang diperolah atas potongan Taspen diantaranya asuransi kesehatan, asuransi kematian tertanggung PNS yakni Suami atau Istri, anak sampai yang ke-2. Lalu, siapa yang mendapatkan pensiun? Pensiun didapatkan oleh PNS yang bersangkutan. Jika meninggal diteruskan kepada suami atau istri bersangkutan.

Pensiun dapat dihentikan jika janda atau duda PNS tersebut menikah lagi. “Kalo sudah pensiun, duda atau janda sebaiknya jangan menikah lagi” disambut tertawa para calon pensiunan.

Jika sudah mau masuk masa pensiun para pensiunan diharap juga segera mengurus SK Pensiun, dan juga surat penghentian pembayaran gaji dari Depkeu. Setelah mendapatkan SK pensiun maka pensiunan bisa dibayarkan. “Hati-hati SK Pensiun itu surat sakti yang bisa diagunkan ke Bank”, Kata Aidit Azis Asisten Kesra yang menghadiri pemaparan.

Dia mengatakan sebaiknya SK pensiun jangan dipinjamkan keorang lain termasuk fotokopiannya. “Banyak kejadian fotokopi dipinjamkan keorang lain dan akhirnya macet pembayarannya sehingga pensiunan yang dirugikan”, Katanya. (Fatur)

3 komentar untuk “Duda dan Janda Pensiunan Jangan Nikah Lagi”

  1. nita

    bgai mana cara penon aktifan gajih janda pensiunan yang sudah meningal dunia namun dia masih menerima gaji perbulan karna sk terakhir di jaminkan ke Bank…..?
    tolong beri tahu saya….sedangkan orang dari instasi terkait masih menyembunyikan/memangkah tidak tau…….
    itu yang masih saya tanyakan .bila ada yang mau menanyakan lebih lanjut tolong hubungi no.tlp. 088809717863

  2. yatenoreza

    Bagai mana yg konon katanya pns akat mendapat pesangon 1 M utk gol 1,2 dan1,5 M utk gol 3,4 apa betul tu ….

  3. Gita Normah

    PNS Penerima gaji pensiun duda sudah menikah lagi tapi masih mengambil gaji pensiun dudanya apa masih boleh atau harus hentikan jika duda PNS tersebut menikah lagi dan apakah harus mengembalikan gaji pensiun duda yang selama ini diterima terus dengan alasan tidak mau melaporkan tidak hilangan/diberhentikan gaji pensiun dudanya sedangkan istri yang kedua juga pns dan apakah wajib dikembalikan gaji pensiun yang diterima sejak terhitung dari tanggal pernikahan sampai sekaran, mohon penjelasan terima kasih

Beri komentar