Home » Berita » PUIC: Arab Saudi Walkout

PUIC: Arab Saudi Walkout

Palembang- Pelaksanaan sidang parlemen negara-negara islam ke 7 2012(PUIC) di hotel Aryadutha Palembang sempat diwarnai aksi walkout dari perwakilan delegasi negara Arab saudi.

Aksi walk out ini terjadi setelah delegasi Arab Saudi merasa tersinggung dengan pidato dari Iran Ali Akbar. Ali Akbar mengemukakan bahwa sistem demokrasi negara islam yang dikembangkan. Sedangkan ia menilai masih ada beberapa negara yang masih menggunakan sistem monarki, seperti keadaan kota Madinnah Munawaroh yang berbeda dengan Madinnah yang dulu. Selain itu peran negara OKI, kurang tanggap persoalan Israel terhadap negara islam.

Aksi tersebut reda setelah Presiden PUIC ke-7 Marzuki Alie mengambil alih dan meminta peserta konferensi tidak membawa permasalahan dalam negeri negara masing-masing dalam forum PUIC. Marzuki Alie juga meminta jangan sampai ada perpecahan dalam negara anggota PUIC sehingga membawa dampak negatif organisasi PUIC di mata organisasi Internasional.

Sementara, Badan Koordinasi Parlemen Negara Islam Hidayat Nur Wahid mengatakan, seharusnya masalah tidak bentuk negara tidak perlu disampaikan di forum PUIC. “Itu tidak perlu dibahas dalam forum PUIC, konfrensi ini membahas kerja sama antar negara Islam”, ungkapnya. (Ghufron)

Beri komentar