Home » Berita » Pilkada Empat Kabupaten Kota Dimungkinkan Serentak

Pilkada Empat Kabupaten Kota Dimungkinkan Serentak

PALEMBANG – Meski di 2012 ini ada empat daerah kab/kota di Sumsel yang akan melakukan pemilukada dalam waktu yang hampir berdekatan. Namun, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumsel belum memutuskan rencana untuk melakukan pemilukada tersebut secara serentak.

Ketua KPU Sumsel, Anisatul Mardiah di Palembang mengatakan pihaknya memang ada rencana untuk melakukan pembahasan di tingkat internal untuk melakukan pemilukada serentak.

Menurut dia, setelah dilakukan pembahasan di tingkat internal baru mengundang kabupaten dan kota untuk koordinasi Pilkada, karena waktunya berdekatan.

Bahkan, kata Annisatul, informasi yang diperoleh dari panitia khusus undang-undang pemilu tahapan pemilu legislatif sudah dimulai pada Agustus 2014, katanya.

“Dengan sudah dimulai mendaftar partai politik tentunya nanti akan sibuk untuk verifikasi parpol. Di dalam Undang-Undang No.12 Tahun 2008 pasal 235 ayat dua menyebutkan, bagi kabupaten dan kota rentang waktunya 90 hari dari pemilihan gubernur dilaksanakan pada hari yang sama.” katanya.

Terkait dengan hal itu, diungkapkan Annisatul, pihaknya akan membahas dulu persoalan tersebut secara internal di KPU Sumsel. Selain itu, pihaknya juga akan melihat apa kemudahan dan kesulitan dibahas secara internal dahulu, baru setelah itu memanggil kabupaten dan kota yang masa jabatannya berdekatan.

“Ada empat kabupaten yang waktunya berdekatan yakni Kabupaten Empat Lawang, Lahat, Banyuasin dan Kabupaten Ogan Komering Ilir. Kemungkinan serentak ada, tetapi belum dipastikan, karena perlu pembahasan lebih jauh,” ujarnya.

Sebagaimana diketahui sejumlah kabupaten dan kota di Sumsel pilkadanya akan dilakukan pada tahun 2013 mendatang. (Morino)

Beri komentar