Home » Berita » Pilkada Kota Lubuk Linggau akhir November 2012

Pilkada Kota Lubuk Linggau akhir November 2012

PALEMBANG – Pemilihan kepala daerah (Pemiilukada) Kota Lubuk Linggau direncanakan dilaksanakan pada 24 November 2012, tetapi jadwal secara resmi belum ditetapkan pihak Komisi Pemilihan Umum setempat.

Ketua Komisi Pemilihan Umum Provinsi Sumatera Selatan, Anisatul Mardiah di Palembang mengatakan pemilukada Kota Lubuk Linggau rencananya akan dilaksanakan pada 24 November 2012. Namun,jawdal tersebut baru draft saja.

“KPU Kota Lubuk Linggau belum menetapkan tahapan pemilukada, tetapi mereka sudah menetapkan draftnya.” ujarnya.

Untuk dana pelaksanaan pemilukada Lubuklinggau sendiri, diungkapkan Annisa, akan membutuhkan dana sekitar Rp10,5 miliar. Namun, dana tersebut belum pasti karena masih ada kemungkinan dikurangi atau ditambah.

Menurutnya. untuk jadwal pelaksanaan pemilukada itu sendiri pihaknya sudah membuatkan draftnya, tetapi belum disahkan, baru tahap pembahasan saja, belum ditetapkan dalam bentuk tahapan.

Sementara mengenai berapa daerah di Sumsel yang akan melaksanakan pemilukada tahun 2013 mendatang, ia menyatakan, ada sembilan kabupaten dan kota termasuk pemilihan gubernur setempat.

Ia melanjutkan, kabupaten dan kota yang akan melaksanakan pilkada itu antara lain Pagaralam, Lahat, Prabumulih, Palembang, Muaraenim, Banyuasin, Ogan Komering Ilir dan Empat Lawang.

“Jadi, kita kerja keras pada tahun 2013 nanti, karena banyak daerah yang mau melaksanakan Pilkada,” ujar dia.

Diungkapkannya, dari sejumlah kabupaten dan kota itu yang paling terakhir habis masa jabatannya kepala daerahnya adalah Kabupaten Ogan Komering Ilir yakni pada Januari 2014, tetapi tahapannya dilakukan tahun 2013.

“Sehubungan masa jabatannya berakhir pada Januari 2014, maka pelaksanaan tahapan Pilkada termasuk pemilihan dilakukan sekitar akhir tahun 2013,” kata dia.

Sebagaimana diketahui menjelang akan dilaksanakannya Pilkada di kabupaten dan kota di Sumsel itu sejumlah kandidat juga sudah mulai melakukan sosialisasi kepada masyarakat. (Morino)

Beri komentar