Home » Berita » Politik Anggaran APBN Tak Sejalan Dengan Pembangunan Infrastruktur - Trijaya FM Palembang

Politik Anggaran APBN Tak Sejalan Dengan Pembangunan Infrastruktur

Palembang- Wakil ketua Komisi XI DPR RI, Dr. Harry Azhar Aziz menilai  politik anggaran APBN tidak sejalan dengan program pembangunan infrastruktur yang direncanakan pemerintah. Pasalnya,menurutnya pemerintah lebih mengutamakan program belanja pegawai dari pada belanja infrastruktur dan kesejahteraan.  Hal ini diungkapkannya saat Lokarya regional sumatera econonic outlook 2012 di Novotel Palembang tadi pagi.

Dikatakan Harry,  Dana belanja pegawai paling tinggi dan  Hampir tiap tahun mencapai Rp 215 triliun.

Harry melanjutkan, untuk BLT diprediksikan menyentuh angka Rp 30 triliun hingga Rp 40 triliun. “jika negara tidak ingin menambah jumlah penduduk miskin, pemerintah harus mengubah anggaran belanja pegawai”, ungkapnya.

Harry menilai, jumlah dana belanja pegawai merupakan anggaran tertinggi. Bahkan, dana tersebut melebihi dana belanja infrastruktur dan anggaran program kesejahteraan yang  cuma Rp 67 triliun, sedangkan buat belanja infrastruktur Rp 161 triliun.

Harry Aziz melanjutkan, terkait BBM bersubsidi yang diterapkan pemerintah, selama ini subsidi pemerintah pada BBM hanya dinikmati 17 % rakyat miskin. Sedangkan 45 % dinikmati oleh masyarakat menengah keatas. “Kesimpulannya pemerintah selama ini mensubsidi masyarakat kaya dengan BBM bersubsidi”, tutupnya. (Ghufron)

Beri komentar