Home » Berita » Gubernur Sebaiknya Dipilih Oleh Presiden

Gubernur Sebaiknya Dipilih Oleh Presiden

PALEMBANG – Kalau saat ini banyak pihak yang menginginkan agar pemilihan gubernur dikembalikan ke DPRD Provinsi dengan alasan lebih hemat. Maka tidak demikian dengan DPRD Kota Palembang yang justru menyarankan agar gubernur dipilih langsung oleh presiden RI.

Hal ini terungkap dalam dialog antara DPRD Kota Palembang dengan Lemhanas Angatan 18 di ruang rapat paripurna DPRD Kota Palembang.

Dalam dialog tersebut anggota Lemhanas angkatan 18 mempertanyakan pandangan DPRD Kota Palembang terhadap rencana pemerintah untuk mengembalikan pemilihan gubernur kepada DPRD Provinsi.

Menanggapi pertanyaan tersebut, anggota DPRD Kota Palembang, Fanani Yahya mengatakan, pemilihan gubernur Sumsel memang akan berlangsung tahun depan, namun pihaknya tidak begitu mengetahui sejauh mana persiapan pelaksanaan pesta demokrasi tersebut, termasuk masalah pemilihan langsung oleh rakyat atau dikembalikan ke dewan.

”Secara persis saya tidak tahu apakah pilgub dilakukan oleh dewan atau oleh rakyat. Namun, bila mengacu pada otonomi daerah, kita sepakat agar pemilihan gubernur dikembalikan langsung kepada presiden. Biarlah presiden menunjuk orang menurutnya layak untuk mewakilinya di tingkat provinsi, apalagi gubernur merupakan perpanjangan tangan presiden untuk tingkat daerah,” ujar Fanani.

Selain itu, lanjut Fanani, dierah otonomi ini gubernur tidak mempunyai wilayah teritorial, karena gubernur hanya sebagai koordinator. Dengan posisi yang demikian, sangat pantaas bila gubernur ditunjuk langsung oleh presiden.

”Dengan ditunjuk langsung oleh presiden, pemilihan gubernur bisa jauh lebih murah dibandingkan pemilihan langsung ataupun pemilihan melalui DPRD Provinsi. Selain itu dengan cara ini, peluang terjadinya konflik juga kecil,” tambahnya.

Sementara itu wakil ketua DPRD Kota Palembang, Suhaili Ibrahim LC mengatakan, sampai saat ini dirinya belum pernah mebaca UU atau peraturan lain yang menyebutkan pemilihan gubernur dikembalikan ke dewan. Oleh sebab itu dirinya lebih memilih untuk menunggu dan melihat terlebih dahulu.

”Untuk saat ini saya belum bisa memberikan komentar, tetapi saya masih menunggu dan mengawasi,” jawabnya singkat.(Morino)

Beri komentar