Home » Berita » Rel Double Track Tanjung Api-Api Terus Diperjuangkan

Rel Double Track Tanjung Api-Api Terus Diperjuangkan

PALEMBANG – Setelah batalnya pembangunan double track dari Lahat menuju pelabuhan TAA oleh investor dari India, PT Adani dikarenakan terganjal peraturan pemerintah. Pemprov Sumsel beserta DPRD Sumsel terus berjuang mewujudkan pembangunan double track yang diharapkan bisa meningkatkan kesejahteraan masyarakat Sumsel.

Rel Kereta Api Ganda

Kepala Dishubkominfo Sumsel, Sarimuda di gedung DPRD Sumsel saat ditanya mengenai double track mengungkapkan bahwa pihak pemprov. Sumsel beserta DPRD Sumsel terus berupaya menyusun proposal pembangunan double track untuk diserahkan kepada Menko perekonomian, Hatta Rajasa.

“Biaya pembangunan double track kan berasal dari APBN untuk itu sekarang kita terus mempersiapkan proposal yang diminta Menko.” ungkapnya.

Ditambahkan Sarimuda, untuk persiapan pembangunan double track ini, pihaknya telah mengusulkan dana di APBD perubahan Sumsel tahun 2012 untu pembebasan lahan yang akan digunakan sebagai jalur kereta api. Namun, dirinya masih enggan mengungkapkan besaran dana yang diusulkan dengan alasan dana pembebasan lahan tersebut masih dalam tahap pembahasan.

“Dana itu masih dibahas, jadi belum tahu berapa angka pastinya untuk pembebasan lahan tersebut.” katanya.

Menurut Sarimuda, saat ini juga telah di bentuk tim 9 oleh Biro Pemerintahan Pemprov. Sumsel yang akan bekerja melakukan pengukuran lahan yang akan dibebaskan.

“Untuk masalah teknis pengukuran lahan yang akan dibebaskan semuanya dikerjakan oleh tim yang dibentuk biro Pemerintahan, kami hanya bertugas membayar lahan-lahan yang akan dibebaskan saja.” ujarnya.

Sarimuda mengatakan pihaknya beserta dewan Sumsel pada tanggal 2 Agustus mendatang akan kembali menemui Menko Perekonomian, Hatta Rajasa di Jakarta untuk menyerahkan proposal yang diminta.

“Tanggal 2 nanti kita akan ke Jakarta menyerahkan proposal yang diminta menteri.” katanya. (Morino)

Beri komentar