Home » Berita » DPR RI Siap Dukung Program Provinsi Sumsel - Trijaya FM Palembang

DPR RI Siap Dukung Program Provinsi Sumsel

Ketua Komisi IV DPR RI Eddie Prabowo dalam lawatanya di Provinsi Sumsel. Selasa (9/12).di ruang rapat Bina Pradja.

Ketua Komisi IV DPR RI Eddie Prabowo dalam lawatanya di Provinsi Sumsel. Selasa (9/12).di ruang rapat Bina Pradja.

Palembang –  Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI mendukung program yang dicanangkan pemerintah Prov. Sumsel, Hal ini dengan tegas disampaikan oleh Ketua Komisi IV DPR RI Eddie Prabowo dalam lawatanya di Provinsi Sumsel. Selasa (9/12).di ruang rapat Bina Pradja. Rombongan komisi IV DPR RI melakukan dialog langsung dengan Gubernur Sumsel H. Alex Noerdin bersama SKPD dilingkungan Pemerintah Provinsi Sumsel.

Gubernur Sumsel H. Alex Noerdin menyampaikan beberapa kendala serta kebutuhan di Provinsi Sumsel dalam upaya pencapaian pembangunan diberbagai sektor, Beberapa Sektor unggulan pemrov seperti “Pertanian, Kehutanan, Kelautan dan Perikanan di Sumsel”.ungkap Gubernur.

Gubernur mengatakan, Saat ini pemerintah Sumsel mengaharapkan dukungan penuh dari Komisi IV DPR RI terkait usaha pembangunan pertanian seperti pembangunan Irigasi, Primer, Skunder, dan Tersier juga usaha pembentukan lahan sawah baru.

Disektor Kehutanan, “Pemprov Sumsel telah bekerjasama dengan Universitas Sriwijaya untuk mengadakan penelitian terhadap lahan gambut di Sumsel dalam usaha mengantisipasi kebakaran lahan gambut di Sumsel. “Semoga Komisi IV DPR dapat memberikan dukungan berupa pendanaan melalui APBN” terangnya.

Sektor Pertanian sendiri, saat ini Pemerintah Provinsi Sumsel telah melakukan langkah untuk mewujudkan Sumsel sebagai percontohan peternakan. Saat in pemrov mengembangkan perternakan kerbau rawah di Kabupaten Banyuasin tepatnya di Kecamatan Rambutan. Untuk itu, “Gubernur berharap dukungan Komisi IV DPR RI untuk mendukung dengan menggulirkan dana APBN sebesar 50 Milyar Untuk mendukung Pemerintah Sumsel demi mewujudkan Sumsel Sebagai Percontohan Peternakan Kerbau Rawah” jelasnya.

Lanjutnya, disektor perkebunan sendiri Komisi IV diharapkan dapat memberikan perhatianya terutama kepada perkebunan karet tertutama usaha membantu peremajaan lahan Perkebunan Karet Di Sumsel. Seperti yang diketahui Saat ini  90% lahan perkebunan Karet di Sumsel merupakan milik masyarakat”. H. Alex Noerdin berharap kunjungan Komisi IV ini memberikan angin segar terutama dalam usaha penerapan program prov, Sumsel.

 

Ketua Komisi IV DPR RI Eddie Prabowo mengatakan, Kunjungan kerja ini merupakan yang pertama kalinya pada priode jabatan DPR RI 2014-2019. Dalam kunjungan ini diharapkan dapat memperoleh data dan Informasi serta masukan mengenai  sector Pertanian, Kehutanan, Kelautan dan Perikanan di Provinsi Sumsel sebagai usaha mendukung program Pemerintah kedepan serta sebagai proses tindak lanjut APBN Perubahan tentang apa saja yang akan dimasukkan dan yang akan dilakukan kedepan.

“ banyak temuan untuk memperkuat Provinsi Sumsel dan banyak hal yang akan dilakukan di Provinsi Sumsel salah satunya Sumsel akan menjadi pusat percontohan peternakan Kerbau rawah. Selain itu, penguatan sektor pertanian , perkebunan, kehutanan, dan perikanan. “JIka ini terlealisasi akan menjadi prestasi Gubernur Sumsel dan masyarakat Provinsi Sumsel,” Terangnya.

Eddie Prabowo menambahkan, Hal-hal lain yang diperoleh dari kunjungan ini adalah Sektor perkebunan ada 40 ribu Hektar perkebunan yang harus diremajakan, dari sector perikanan sendiri poros maritim merupakan hal yang harus diambil untuk menjadi manfaat tersendiri bagi Sumsel, selain itu perairan disumsel yang tidak kalah dengan perairan laut, ini merupakan sector protein di Sumsel yang akan diberdayaka.

“Harapan kedepan Sumsel tetap menjadi lumbung pangan, Lumbung energy,serta wisata dan Olahraga, Ini akan menjadi PR kita kedepan dan apa-apa yang dibutuhkan akan kita dorong. Komisi IV yang akan mengupayakan penyerapan anggaran yang cukup besar di Provinsi Sumsel,” Ungkapnya. (FK)

Beri komentar