Home » Berita » Pemprov Tingkatkan Kegemaran Konsumsi Ikan Masyarakat

Pemprov Tingkatkan Kegemaran Konsumsi Ikan Masyarakat

IKANPalembang, BP
Ikan merupakan salah satu jenis pangan yang baik dikonsumsi semua kalangan. Sumatera Selatan sebagai salah satu Kota dengan sumber penghasil ikan terbesar, masyarakatnya pun lebih sering mengonsumsi ikan daripada masyarakat daerah lain yang jauh dari perairan.

Sekretaris Daerah Provinsi Sumsel H Mukti Sulaiman mengatakan, Pemerintah Provinsi Sumsel mengajak masyarakat untuk mengomsumsi ikan melalui Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan (Gemarikan). Dia pun menjelaskan, selain menyediakan fasilitas kesehatan bagi masyarakat, pihaknya pun memperhatikan asupan gizi masyarakat.

“Dalam Gemarikan ini Dinas Kelautan dan Perikanan Sumsel menggelar lomba masak dengan ikan sebagai bahan pokoknya. Serta ada juga lomba inovasi menu masakan hasil laut tingkat provinsi Sumsel yang diikuti 18 peserta TP PKK dan Dharma Wanita. Mereka memasak olahan ikan dengan jenis makanan yang menarik,” tuturnya.

Selain itu, Gemarikan pun merupakan salah satu cara pemerintah untuk mengurangi angka kematian ibu dan bayi. Sekda mengatakan, campur tangan pemerintah dalam menekan AKI sangat diperlukan. Rajin mengonsumsi ikan merupakan salah satu cara untuk menjamin kesehatan ibu dan bayi.
“Ikan dipercaya memiliki kandungan gizi yang bisa memberikan pertumbuhan dan perkembangan ibu dan anak lebih baik. Ikan pun mengandung banyak gizi seperti seperti omega,” lanjutnya.

Wakil Ketua Penggerak PKK Hj Tartilah Ishak Mekki menuturkan, program Gemarikan tersebut merupakan salah program dari Kementerian Kelautan dan Perikanan RI. Penyelengaraan festival serta bazaar ikan, diyakini istri dari Wakil Gubernur Sumsel H Ishak Mekki ini, dapat mendorong permintaan dan peningkatan komsumsi ikan.

“Yang paling penting, kandungan ikan dapat mencerdaskan anak-anak, baik untuk keseimbangan tubuh dan manfaat lainnya. TP PKK baik di tingkat provinsi maupun kabupaten/kota untuk menjadi pelopor penggerak masyarakat Sumsel semakin rajin mengkomsumsi ikan,” ajaknya.

Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Sumsel Sri Dewi Titisari mengatakan, tujuan dilaksanakanya Gemarikan ini agar dapat meningkatkan konsumsi dan penyebaran di ikan di kalangan masyarakat.

“Produksi ikan di Sumsel sangat banyak. Ada baiknya jika masyarakat Sumsel meningkatkan kegemaran mengonsumsinya. Gemarikan Sumsel  tahun kemarin sudah pernah mendapatkan Juara I di tingkat Nasional. Tahun depan akan ada lagi lomba di tingkat Nasional. Semoga di tahun depan Susmel bisa mendapatkan Juara I lagi,” pungkasnya. Oidz

 

Beri komentar