Home » Berita » Posdaya Sukamaju Sukses Budidaya Ikan Lel

Posdaya Sukamaju Sukses Budidaya Ikan Lel

ikan lele

 

 

 

 

Palembang, BP
Kelompok Posdaya Sukamaju sukses melakukan budidaya lele. Dari total benih sekitar 2.000 ekor pada tahap pertama, kelompok Posdaya berhasil memanen sebanyak 30 Kg lele dalam rentang waktu 2 bulan untuk 3 (tiga) kolam masing-masing berukuran 2 m x 4 m. Senior Supervisor External Relation Pertamina MOR II Alicia Irzanova mengatakan ini adalah program binaan dari PT Pertamina (Persero) Depot LPG Pulau Layang. Pihaknya bersama Posdaya Sukamaju melakukan panen ikan lele perdana di Desa Sungai Rebo.
“Program budidaya ikan lele merupakan salah satu program CSR yang digulirkan oleh Depot LPG Pulau Layang untuk membantu meningkatkan perekonomian dan kemandirian masyarakat di sekitar area operasi perusahaan,” katanya, Sabtu (5/9).

Dikatakan Alicia, program budidaya ini meliputi pembuatan kolam ikan, penyediaan bibit, pelatihan teknik budidaya ikan, penyediaan pakan ikan dan pendampingan selama masa pemeliharaan hingga panen dan pemasaran hasil panen.
“Dengan adanya binaan ini sangat membantu pertumbuhan ekonomi
masyarakat setempat dan sekaligus mengajarkan masyarakat ersebut untuk dapat lebih kreatif. Mulai dari proses awal hingga sampai mendapatkan hasilnya seperti panen lele perdana hasil binaan ini,” jelas dia.

Kelompok Posdaya Sukamaju di bawah bimbingan dan binaan Depot LPG Pulau Layang yang kerja sama dengan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) UIN Raden Fatah Palembang  ini telah memulai kegiatan budidaya pada bulan Maret 2015. Menurut perhitungan hingga panen terakhir, masyarakat mendapat keuntungan sekitar kurang lebih Rp2 juta. Pendapatan dari hasil penjualan ini nantinya akan dipergunakan untuk budidaya ikan lele selanjutnya.
Selain membudidayakan ikan lele, kelompok Posdaya Sukamaju ini pun diajarkan untuk membuat hasil kerajinan tangan yang dilakukan oleh ibu-ibu disini.

Supervisor Sales and General Affairs Depot LPG Pulau Layang, Lontar Fluxianto mengatakan pihaknya berharap masyarakat terus bersemangat dalam menjalani program budidaya ikan lele dan semoga kegiatan ini nanti nya dapat mendukung kemajuan dan kesejahteraan masyarakat Desa Sungai Rebo.

Ketua Kelompok Posadaya, Muhammad Jonni menuturkan bahwa sangat terbantu dengan adanya bantuan CSR dari Pertamina. Selain mendapatkan ilmu dan keahlian budidaya ikan, mereka juga mendapatkan tambahan pendapatan dari kegiatan budidaya tersebut.
“Kami sangat bersyukur karena masyarakat disini bisa mendapatkan penghasilan tambahan serta juga menambah ilmu belajar untuk membudidayakan lele,” ungkap dia. Oren

Beri komentar