Home » Berita » 2.859 Desa di Sumsel Nikmati Dana Desa - Trijaya FM Palembang

2.859 Desa di Sumsel Nikmati Dana Desa

1Palembang, BP-Pemerintah pusat mulai mengucurkan dana desa untuk 2.859 desa di Sumatera Selatan dengan alokasi dana Rp1,78 triliun. Pemerintah Provinsi Sumsel mengimbau dana desa dipergunakan dengan benar.

Gubernur Sumsel H Alex Noerdin mengatakan, dana desa meruapakan dana pembangujnan yang berasal dari pemerintah. Alokasinya bisa dinikmati bagi pembangunan desa melalui program pemberdayaan, infrastruktur dan lainnya.

“Dana desa pada tahun ini mengalami peningkatan yang cukup signifikan. Sehingga, alokasi dana desa diharapkan akan sangat diman faatkan bagi pembangunan desa yang lebih optimal. Jumlah anggaran dana desa yang akan disalurkan tahun ini, mencapai Rp1,780 triliun dengan peruntukkan bagi 2.859 desa di Sumsel,” katanya, usai Sosialisasi pencegahan korupsi pengawalan bersama pengelolaan keuangan dana desa, Selasa (10/5).

Ia menerangkan, perangkat desa tidak mesti khawatir dalam mempergunakan dana tersebut sepanjang untuk kepentingan pembangunan desa menjadi lebih baik. “yang penting pertanggung jawabahnnya tepat dan benar, dana itu tidak hanya untuk infrastruktur, tetapi juga untuk problem yang paling besar yang ada di desa itu,  seperti bangun fasilitas olahraga,” terangnya.

Dana desa dikucurkan dari pemerintah pusat ke rekening desa. Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat Pedesaan Daerah (BPMPD) Sumsel Yusnin mengatakan, pemerintah daerah sebagai monitoring dan pengawasan. Dibandingkan tahun lalu yang hanya Rp775 miliar, peruntukan tahun ini naik signifikan. “Setiap desa akan mendapatkan Rp500 juta – Rp1 miliar,” katanya. #pit

Beri komentar