Home » Berita » Minta Gubernur Rekomendasikan Provinsi Sumselbar

Minta Gubernur Rekomendasikan Provinsi Sumselbar

1Palembang, BP-vWacana pemekaran Provinsi Sumatera Selatan menjadi Provinsi Sumsel Barat  yang terdiri dari delapan kabupaten/kota, yaitu Kabupaten Lahat, Kota Pagaralam, Kabupaten Empatlawang, Kabupaten Muaraenim, Kabupaten PALI, Kabupaten MURA, Kabupaten Muratara, dan Kota Lubuk Linggau kembali mengemuka.

        Rencananya Presidium Pembentukan Provinsi Sumsel Barat segera menemui Gubernur Sumsel H Alex Noerdin guna meminta dukungan pembentukan provinsi baru tersebut.
 Menurut Ketua Presidium Pembentukan Provinsi Sumselbar Wahisun Wais Wahid, pihaknya akan sowan ke Gubernur Sumsel dalam waktu dekat.
“PP No 78 itu harus ditandatangani kepala daerah termasuk Gubernur. Ini tuntutan kita ingin pemekaran damai, jangan sampai seperti Muratara pemekarannya berdarah-darah. Ini bukan kita buat-buat, boleh dicek. Keinginan besar untuk mekar, tapi pemekaran Sumselbar kini jadi pembicaraan termasuk di Pemprov Sumsel,” kata Wahisun saat ditemui di DPRD Sumsel, Sabtu (28/5).
Sambil jalan pihaknya juga menunggu peraturan pemerintah baru tentang pemekaran daerah. “Jika moratorium daerah dicabut dan keluar surat presiden, kita sudah siap sehingga kita kejar waktu secepatnya dalam lima bulan sudah siap semua. Kita tidak tahu rahasia presiden, “ katanya.
        Sedangkan ibukota Sumselbar menurutnya diserahkan kepada tim kajian dari Mendagri karena hal itu bukan wewenangnya.
“Kalau opsi-opsi mungkin ada seperti Lahat memungkinkan, Pagaralam memungkinkan, Empatlawang memungkinkan, Muratara memungkinkan,” katanya.
Selain  itu  wacana pemekaran Sumselbar sejak tahun 2007 dan disambut positif serta sudah ke DPD RI, DPR RI, dan didukung semua pihak dari kabupaten dan kota.
“Kita akan segera audiensi dengan Gubernur, jangan miskomunikasi. Pada dasarnya pemekaran ini bukan benci Sumsel, karena peluangnya ada secara konstitusi dan masyarakat menghendaki sah-sah saja. Kami presidium menyampaikan aspirasi dari bawah yang hendak mekar karena masalahnya jauh dan makin besar Sumsel, bukan kecil. Lihat wilayah wajar kita mekar, ini untuk memutus rentang kendali. Kalau sekarang ini rentang kendali terlalu jauh,” katanya.
Apalagi wilayah Sumselbar ini kebanyakan daerahnya miskin berdasarkan data Bappenas tapi sumber daya alam besar.
        “Kalau mekar kita tidak akan terganggu, Sumsel besar juga  jadi tidak mengganggu,” katanya.
Dia optimis kalau pemekaran Sumselbaber bisa terlaksana karena tidak membebani daerah.
      Hal senada dikemukakan Ketua V Presidium Sumselbar Safran Soprano, jika Gubernur Sumsel H Alex Noerdin memberikan rekomendasi pembentukan Provinsi Sumselbar ini menjadi catatan sejarah bagi Gubernur Sumsel H Alex Noerdin di pengujung jabatan Gubernur Sumsel ini.
“Bagi masyarakat Sumselbar bukan main seorang Alex Noerdin bagi mereka. Itu yang penting karena catatan politik itu tidak akan pernah lepas,” katanya.#osk
 

Satu komentar untuk “Minta Gubernur Rekomendasikan Provinsi Sumselbar”

  1. I wrie a comment when I appreciate a post on a blog
    or if I have something to contribute to the discussion. It’s a result of the fire communicated in the post I looked at.

    And after this article Minta Gubermur Rekomendasikan Provinsi
    Sumselbar | Trijaya FM Palembang. I was moved enough too post a thougfht ;
    ) I actually do have a couple of questions for you if you usually do noot mind.
    Is it simply me or do some of thesze comments look as if they
    are written bby brain dead people? 😛 And, if you are posting on other online sites, I’d like
    to follow anything new you have to post.
    Would you make a lust all of your communityy pages like your linkedin profile,
    Facebook page or twitter feed?

    Have a loook at my site – house clearance UK (Coy)

Beri komentar