Home » Berita » PD PDE Berubah Jadi PT SEG - Trijaya FM Palembang

PD PDE Berubah Jadi PT SEG

1Palembang, BP-Perusahaan Daerah Pertambangan dan Energi (PDPDE) tengah bertransformasi menjadi Perseroan Terbatas (PT) Sumsel Energy Gemilang. Hal tersebut diungkapkan, Direktur Utama PD PDE Yaniarsyah Hasan, usai pemaparan usulan raperda tentang perubahan bentuk badan hukum Perusahaan Daerah Pertambangan dan Energi menjadi Perseroan Terbatas Sumsel Energy Gemilang.

Yaniarsyah mengatakan, perubahan dari perusahaan daerah ke perseroan terbatas ini dilaksanakan berdasarkan Undang-undang keuangan negara. Perubahan ini harus dilakukan dan berlaku paling lambat 1 Oktober 2017 mendatang.

“Kalau tidak menjadi PT, berubahnya jadi perusahaan umum daerah atau perumda. Untuk saat ini, kami sedang melakukan penyusunan rancangan peraturan daerah yang selanjutnya diajukan ke DPRD Sumsel. Namun saya belum bisa memastikan kapan akan diajukan ke lgislatif,” ujarnya.

Perubahan nama dan badan hukum ini, tuturnya, tidak akan membuat perubahan yang terlalu secara bisnis. Dengan bergantinya badan usaha ini, PDPDE mengaskan tak akan mengajukan penambahan modal ke Pemprov Sumsel karena, PD mengaku mencatatkan laba dalam bisnisnya.

Perusahaan Daerah adalah perusahaan yang sebagian atau seluruh modal yang dimiliki adalah milik Pemerintah Daerah, baik berasal dari kekayaan daerah yang dipisahkan maupun dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD).

Semenara Perseroan Terbatas merupakan badan usaha dan besarnya modal perseroan tercantum dalam anggaran dasar. Kekayaan perusahaan terpisah dari kekayaan pribadi pemilik perusahaan sehingga memiliki harta kekayaan sendiri.

Setiap orang dapat memiliki lebih dari satu saham yang menjadi bukti pemilikan perusahaan. Pemilik saham mempunyai tanggung jawab yang terbatas, yaitu sebanyak saham yang dimiliki. Apabila utang perusahaan melebihi kekayaan perusahaan, maka kelebihan utang tersebut tidak menjadi tanggung jawab para pemegang saham.

Apabila perusahaan mendapat keuntungan maka keuntungan tersebut dibagikan sesuai dengan ketentuan yang ditetapkan. Pemilik saham akan memperoleh bagian keuntungan yang disebut dividen yang besarnya tergantung pada besar-kecilnya keuntungan yang diperoleh perseroan terbatas.

Selain berasal dari saham, modal PT dapat pula berasal dari obligasi. Keuntungan yang diperoleh para pemilik obligasi adalah mereka mendapatkan bunga tetap tanpa menghiraukan untung atau ruginya perseroan terbatas tersebut. #idz

6 komentar untuk “PD PDE Berubah Jadi PT SEG”

  1. Thanks to my father who told me concerning this webpage,
    this web site is genuinely remarkable.

  2. First off I want to say terrific blog! I had a quick question which I’d like
    to ask if you do not mind. I was curious to find out how you center yourself and clear your head
    before writing. I’ve had a difficult time clearing
    my mind in getting my thoughts out. I truly do enjoy writing however it just seems like
    the first 10 to 15 minutes are generally lost just trying to figure out how to begin. Any suggestions or hints?
    Appreciate it!

  3. I am curious to find ouut what blogg platform you’re utilizing?
    I’m having some mnor security problems with
    my latest websit and I would like to find something more safeguarded.

    Do you have any recommendations?

  4. This could be a fantastic buy should you be looking to correct
    a toy hauler you already own. This attractive place is well attached to Delhi and various cities of Uttar Pradesh and Uttaranchal like Agra,
    Calcutta, Chennai, Jaipur, Lucknow, Mumbai and Delhi. Remember, Australia is really a warm country
    and you also won’t need heavy, bulky clothing.

  5. Now you can download all the apps you want.

  6. Since the admin of this web page is working, no doubt
    very soon it will be well-known, due to its feature contents.

Beri komentar