Home » Berita » Mari Kita Cegah Tindak Kekerasan pada Anak - Trijaya FM Palembang

Mari Kita Cegah Tindak Kekerasan pada Anak

HAN1Palembang – Masih sering terjadinya tindak kekerasan terhadap anak di lingkungan masyarakat, menjadi perhatian Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) melalui Badan Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (BPPPA) untuk terus membenahi kondisi ini, agar kedepan tidak terulang tindak kekerasan terhadap anak. Upaya ini dilakukan untuk menghindari dampak mental yang ditanggung anak-anak yang mengalami tindak kekerasan dimasa mendatang.

Seperti dikatakan Kepala badanĀ  pemberdayaan perempuan dan perlindungan Sumsel, Susna Sudarti, saat memperingati hari Anak Nasional di Gedung Wanita Sriwijaya, Palembang, Selasa (02/8).

Susna menjelaskan, kasus tindak kekerasan masih banyak terjadi di lingkungan masyarakat. Karena itu pihaknya akan siap melindungi hak anak, serta ingin mewujudkan dengan menciptakan kabupaten/kota sebagai tempat yang layak bagi anak. Membentuk karakter anak-anak yang berkualitas yang terhindar dari kekerasan.

Sementara itu, upaya yang dilakukan pemerintah provinsi Sumsel melalui Asisten 3 bidang Kesejahteraan Rakyat, Ahmad Najib mengatakan, kewajiban penuh bagi pemerintah untuk bisa memberikan perhatian, kasih sayang juga memberikan perlindungan untuk anak-anak di Sumsel. Maka, perlakuan kekerasan yang masih terjadi akan terus dicegah, dengan cara mensosialisasikan kepada orang tua untuk tidak berlaku kasar dalam menghadapi tingkah laku anak.

Cara mengkampanyekan himbauan kekerasan anak itu melalui tim Pemberdayaan Kesejateraan Keluarga (PKK) dengan Gubernur langsung sebagai ketuanya. Maka diharapkan hal ini (tindak kekerasan-red) jangan sampai terjadi, dan bagaimana anak yang sudah pernah mengalami tindakan tercela ini untuk bisa bangkit, ungkap Nadjib.

“Sebagai generasi penerus bangsa mereka harus diberikan kasih sayang, diberikan perlindungan serta mendapatkan pendidikan yang layak, dan mendapatkan perhatian moral,” hibau Najib tegas.

Sedangkan Ketua PKK Sumsel Eliza Alex Noerdin mengungkapkan, tindak kekerasan terhadap anak adalah perlakuan yang sangat tidak diinginkan semua orang. Untuk itu diharapkannya seluruh pihak terkait bisa mensosialisasikan, bahkan juga sampai ke bawah melalui jalur organisasi, seperti organisasi kewanitaan dan juga pemerintah harus ikut terlibat.

“Ini menyadarkan kita semua, pasti jadi harapan kita, bila mempunyai anak yang baik, diikuti dengan lingkungan serta keluarga bisa mendidik anak supaya baik, dalam arti bertakwa banyak hal ditanamkan semenjak kecil,” kata Eliza.

Ditambahkan Eliza, bila bisa berlaku harmonis, maka anak itu bisa berkembang menjadi anak yang kuat, bermoral dan berprestasi dalam segala hal.

Beri komentar