Home » Berita » WABUP OKU: POPULASI IKAN DI SUNGAI OGAN SUDAH SANGAT SEDIKIT - Trijaya FM Palembang

WABUP OKU: POPULASI IKAN DI SUNGAI OGAN SUDAH SANGAT SEDIKIT

wabub okuWakil Bupati Ogan Komering Ulu (OKU) Johan Anuar sangat konsen akan keberadaan Sungai Ogan yang membentang di kota Baturaja ini.

Kotor dan keruhnya sungai tak lepas dari sorotannya. Tidak hanya itu, populasi ikan di sungai yang kian sedikit membuatnya terketuk dan meminta instansi terkait dapat menebar bibit ikan di sungai Ogan.

Hal tersebut ditegaskan JA (panggilan akrab Johan Anuar), saat menghadiri lomba masak di komplek Islamic Center Baturaja, Kamis (11/8).

“Sungai ogan kita ini sudah keruh luar biasa, populasi ikan di dalam sungai sudah sangat sedikit. Untuk menstabilkan ekosistem di dalam sungai harus ada banyak ikan di dalamnya. Makanya pihak terkait segera tebar bibit ikan di sungai ogan,” pinta JA.

Terlebih lagi diketahui, sambung JA menjelaskan, bahwa ikan merupakan salah satu sumber protein yang sangat dibutuhkan oleh tubuh manusia.

Bahkan menurut sebuah penelitian, suku  bangsa Eskimo yang bertempat tinggal di Greenland, memiliki prevalensi dari penderita penyakit jantung yang sangat rendah.

Hal serupa juga terjadi di Jepang, disana jarang sekali ditemukan orang yang menderita  penyakit  jan­tung koroner.

“Apakah yang menyebabkan semua itu terjadi? Rahasianya sederhana saja, orang Eskimo dan orang Jepang suka sekali makan ikan,” terang Johan.

Kaitannya dengan lomba masak serba ikan ini, Johan memberikan apresiasi setinggi-tingginya kepada pihak penyelenggara lomba dalam hal ini dinas peternakan dan perikanan setempat. Apalagi banyak manfaat dalam ajang tahunan yang digagas kementrian kelautan tersebut.

Perlombaan tersebut diikuti oleh seluruh Instansi dan SKPD di lingkungan Pemkab OKU. Adapun pemenang perlombaan tersebut, juara pertama disabet Rumah Sakit Umum Daerah Ibnu Soetowo yang memperoleh nilai 271,3.

Disusul oleh Inspektorat di posisi kedua dengan nilai 247,1. Serta posisi ketika direbut oleh Badan Ketahanan Pangan dengan nilai 242,3. Naninya, juara pertama, akan diikutsertakan dalam lomba memasak serba ikan yang lebih bergengsi lagi di tingkat Provinsi. Selain dihadiri Wabup, turut hadir juga hadir ketua TP PKK OKU Hj Badiar Dewi Kuryana dan Hj Henny Johan Anuar. [yip] (rmol.sumsel)

Beri komentar