Home » Berita » 25 DOKTER PERIKSA CABUP-CAWABUP MUBA

25 DOKTER PERIKSA CABUP-CAWABUP MUBA

1e

Pemeriksaan dua Pasangan Calon (Paslon) Kepala Daerah Kabupaten Musi Banyuasin (Muba) melibatkan 25 dokter spesialis dari Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Sumatera Selatan (Sumsel) di RSMH Palembang. Sabtu (24/9).

Tim dokter ini diketuai Penanggung Jawab Medis RSMH Palembang dr Alsen Arlan. Ia  mengatakan dua Paslon Kepala Daerah Muba telah hadir sejak pukul 07.00 WIB. Mereka siap menjalani pemeriksaan kesehatan atau medical check up.

“Pemeriksaan fisik untuk kesehatan dilakukan oleh Tim Dokter RSMH Palembang yang terdiri dari 25 dokter spesialis. Itu termasuk pemeriksaan penunjang laboratorium, radiologi,” ujar dr Alsen .

Sementara pemeriksaan narkoba akan dilakukan bersama dengan tim dari BNN. Pemeriksaan psikologi akan melibatkan Himpunan Psikologi Seluruh Indonesia (HIMPSI) Sumsel,  akan dilakukan pada Senin (26/9) di RSMH Palembang.

“Khusus urine dan narkoba dilakukan bersamaan tim dari BNN. Screening awalnya urine, dan kalau diperlukan berdasarkan petunjuk BNN akan melakukan pemeriksaan rambut dan itu ada saksi-saksinya baik dari panitia, dokter termasuk BNN, betul betul dikawal sesuai peraturan yang berlaku,” ungkapnya.

Dikatakan Alsen, ketiga lembaga terkait yang melakukan pemeriksaan kesehatan akan memberikan hasilnya kepada KPUD Muba.

“Nanti kita akan memberikan laporan hasil pemeriksaan kesehatan untuk pemeriksaan fisik jasmani. BNN juga berikan laporan secara langsung ke KPUD. Himpsi juga nanti punya hasil tentang aspek kepribadian jasmani rohani dan Hasilnya juga disampaikan ke KPUD Kabupaten Musi Banyuasin,” jelasnya.

Ditambahkannya, dari hasil tersebut KPUD yang mengumumkan layak atau tidaknya seorang kandidat.

“Kita hanya memberikan saran kemampuan dalam menyelenggarakan pemerintahan calon tersebut, dari hasil fisik rohani dan bebas narkoba,” tukas dia(RMOLSumsel)

Beri komentar