Home » Berita » UNTUK KESEHATAN JIWA, CABUP-CAWABUP DIPERIKSA SENIN INI

UNTUK KESEHATAN JIWA, CABUP-CAWABUP DIPERIKSA SENIN INI

1h

Setelah melalui tahapan pemeriksaan kesehatan fisik (medical chekup) Calon Bupati-Calon Wakil Bupati (Cabup-Cawabup) Musi Banyuasin (Muba) akan kembali pekan depan, Senin (26/9). Mereka akan menjalani pemeriksaan psikologi oleh Himpunan Psikologi Indonesia (HIMPSI) Sumsel.

Demikian dikatakan Direktur Medik dan Keperawatan RSMH Palembang dr Alsen Arlan di sela Pemeriksaan Kesehatan Cabup-Cawabup Muba yang berlangsung di Graha Spesialis RSMH Palembang hari ini, Sabtu (24/9).

Menurut Alsen, ada tiga lembaga yang melakukan pemeriksaan kesehatan, yakni IDI yang memeriksa kesehatan fisik dengan melibatkan 25 tim dokter spesialis, ada pula BNN yang memeriksa narkoba, serta HIMPSI Sumsel yang khsusus memeriksa kesehatan psikologi meliputi kepribadian dan kesehatan rohani sang calon kepala daerah.

“Senin nanti kembali menjalani pemeriksaan psikologi oleh HIMPSI Sumsel, tempatnya tetap di RSMH,” kata Alsen.

Dikatakannya, untuk HIMPSI akan melakukan pemeriksaan kesehatan psikologi meliputi kepribadian sang calon termasuk kesehatan rohani sang calon kepala daerah.

Dari rangkaian pemeriksaan tersebut lanjut Alsen, pihaknya akan memberikan hasilnya kepada KPUD Muba.

“Nanti kita akan memberikan laporan hasil pemeriksaan kesehatan untuk pemeriksaan fisik jasmani. BNN juga berikan laporan secara langsung ke KPUD. Himpsi juga nanti punya hasil tentang aspek kepribadian jasmani rohani dan Hasilnya juga disampaikan ke KPUD Kabupaten Musi Banyuasin,” jelasnya.

Ditambahkannya, dari hasil tersebut KPUD yang mengumumkan layak atau tidaknya seorang kandidat.

“Kita hanya memberikan saran kemampuan dalam menyelenggarakan pemerintahan calon tersebut, dari hasil fisik rohani dan bebas narkoba,” kata dia(RMOL)

Beri komentar