Home » Berita » Kapolda Akui Pemeriksaan Terhadap Johan Anuar Sudah Selesai

Kapolda Akui Pemeriksaan Terhadap Johan Anuar Sudah Selesai

1-jamPALEMBANG — Kapolda Sumsel, Irjen Pol Djoko Prastowo, mengatakan, saat ini pemeriksaan terhadap tersangka Wakil Bupati (Wabup) Ogan Komering Ulu (OKU), Johan Anuar, telah selesai.

“Pemeriksaannya sudah selesai dan tinggal mempersiapkan pengiriman berkas-berkas hasil pemeriksaannya ke Kejaksaan Tinggi (Kejati),” katanya saat ditemui di Polda Sumsel, Rabu (5/10).

Dikatakannya, pengiriman berkas-berkas tersebut tidak bisa dilakukan secara cepat dikarenakan banyak yang harus dipersiapkan dan dilengkapi.

“Kalau semua sudah selesai dan lengkap, langsung kita kirim,” terangnya.

Saat disinggung akankah mempersiapkannya ini hingga memakan waktu sampai awal tahun depan, Djoko mengatakan, tidak.

“Pokoknya tidak sampai akhir tahun ini karena tinggal menyusun saja,” jelasnya.

Sebelumnya, Ditreskrimsus Polda Sumsel bersama Penyidik Tipikor di Mabes Polri telah melakukan gelar perkara dan menemukan barang bukti dan keterlibatan Wakil Bupati Johan Anuar terkait kasus pembelian lahan kuburan OKU yang merugikan negara Rp 3.6 miliar ketika dirinya masih menjabat sebagai Ketua DPRD OKU.

Hasil pemeriksaan yang dilakukan penyidik Tipikor Polda Sumsel sudah terpenuhi bahkan lebih, mengenai keterlibatan Johan Anuar. Sehingga, pemanggilan Johan Anuar sebagai tersangka dalam kasus pembelian lahan kuburan yang merugikan negara senilai Rp 3.49 miliar sudah dianggap tepat.

Pembelian lahan kuburan seluas 10 hektare yang menggunakan dana APBD tahun 2012 seharusnya hanya Rp 330 juta, tetapi dimarkup menjadi Rp 6.1 miliar. Dari audit dan penyelidikan yang dilakukan penyidik dari Subdit III Tipikor Ditreskrimsus Polda Sumsel, ditemukan kerugian negara senilai Rp 3.49 miliar.(SRIPOKU.COM)

Beri komentar