Home » Berita » MENGENANG PERJUANGAN DR AK GANI MENJELANG PERINGATAN HARI SUMPAH PEMUDA - Trijaya FM Palembang

MENGENANG PERJUANGAN DR AK GANI MENJELANG PERINGATAN HARI SUMPAH PEMUDA

0Dr AK Gani dikenal sebagai Pahlawan Rakyat, pemimpin perjuangan melawan penjajah Belanda dan Jepang di wilayah Sumatera Bagian Selatan (Sumbagsel).

Begitu mendengar telah diproklamirkan Republik Indonesia Merdeka, AK Gani dengan sigap merealisasikan proklamasi tersebut di daerah Sumatera Selatan (Sumsel),  Lampung, Bengkulu, Jambi, dan Bangka Belitung, yang selanjutnya sampai seluruh Pulau Sumatera.

Demikian dikemukakan Kepala Museum Pahlawan Nasional Dr AK Gani, GI Priyanti Gani tadi,  Kamis (27/10), saat ia diwawancarai menjelang Peringatan Hari Sumpah Pemuda besok.

Sebagai sosok pejuang, kata Priyanti, perjuangan AK Gani dirintis sejak ia berusia 18 tahun. Pada tahun 1923, ia bergabung di Organisasi Jong Sumatera Bond atau Pemuda Sumatera yang turut andil dalam mengikrarkan ” Sumpah Pemuda ” tahun 1928.

Kemudian dari perjalanan sejarah yang panjang mulai dari perintisan, pergerakan, dan perjuangan menegakkan Proklamasi Kemerdekaan RI,  jasa dan pengabdiannya kepada bangsa,  dan negara mendapat perhatian segenap kalangan masyarakat. Lebih dari itu, perjuangan AK Gani muda didukung penuh oleh keluarga besarnya.

“Setelah beliau tiada, dirasa perlu untuk terus mengenang perjuangannya. Oleh karena itu untuk mengenang jasa dan pengabdiannya kepada bangsa dan negara,  ada ide dan gagasan dari keluarga A.K Gani melalui Yayasan HJRA Masturah AK Gani,” kenang priyanti.

Salah satunya, lanjut dia,  mendirikan sebuah museum sebagai tempat untuk mengumpulkan, melestarikan, dan memamerkan benda-benda bersejarah yang berkaitan dengan kehidupan Dr AK Gani, mulai dari perintisan pergerakan dan perjanjian serta menegakan proklamasi.

“Museum buka setiap hari kerja. Terbuka untuk umum, siapa saja boleh berkunjung ke sini,” kata mantan anggota DPRD Kota Palembang ini. [ida](RMOL)

Beri komentar