Home » Berita » PEMEKARAN KECAMATAN JAKABARING LIBATKAN KABUPATEN BANYUASIN DAN OI - Trijaya FM Palembang

PEMEKARAN KECAMATAN JAKABARING LIBATKAN KABUPATEN BANYUASIN DAN OI

1-jamPembentukan Kecamatan Jakabaring yang merupakan pemekaran dari Kecamatan Seberang Ulu (SU) I Palembang akan melibatkan dua Kabupaten.

Selain kota Palembang, pemekaran Kecamatan Jakabaring bakal melibatkan Kabupaten Banyuasin dan Ogan Ilir (OI).

Demikian dikatakan Ketua Komisi I Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Palembang Endang Larasati Lelasari kepada Rakyat Merdeka Online Sumsel, Rabu (5/10).

“Keterlibatan dua Kabupaten tetangga untuk memastikan peta tapal batas. Karena Kecamatan Jakabaring juga berbatasan langsung dengan dua Kecamatan tersebut,” kata dia.

Untuk saat ini, pembentukan Kecamatan Jakabaring dan Kecamatan Kuto Gawang yang merupakan pecahan dari Kecamatan Ilir Timur (IT) II sedang dalam proses.

Panitia khusus (Pansus) VI DPRD Palembang yang membahas permasalahan pembentukan dua Kecamatan juga sudah menuntaskan tugasnya.

Dimana untuk Kecamatan Jakabaring akan terdiri dari lima kelurahan. Antara lain, Kelurahan Silaberanti, 8 Ulu, 9/10 Ulu, 15 Ulu dan Tuan Kentang. Sedangkan Kecamatan Kuto Gawang ini terdiri dari kelurahan 8 Ilir, 9 Ilir, 10 ilir, 11 Ilir dan Kuto Batu.

Untuk realisasi pemekaran Kecamatan itu sendiri saat ini tinggal menunggu waktu. Terlebih rancangan peraturan daerah (Raperda) tentang pemekaran dua kecamatan tersebut telah disahkan menjadi perda.

Raperda kota Palembang tentang perubahan atas Perda nomor 4 tahun 2011 tentang penyelenggaraan dan retribusi pengendalian menara telekomunikasi serta Raperda tentang pembentukan kecamatan Jakabaring dan Kuto Gawang disahkan pada Rapat Paripurna DPRD Palembang, beberapa waktu lalu.(RMOL)

Beri komentar