Home » Berita » Menyongsong Asian Games, Pengembangan Koperasi Pegawai Terus Ditingkatkan

Menyongsong Asian Games, Pengembangan Koperasi Pegawai Terus Ditingkatkan

00Palembang- Sebagai upaya pengembangan usaha yang nantinya akan memberikan dampak positif bagi segenap anggota, Koperasi KPRI Bersatu Teguh dan Koperasi KPRI Bina Praja Pemerintah Provinsi Sumsel menjalin kerjasama dengan PT. Penjaminan Kredit Daerah (Jamkrida) Provinsi Sumsel terkait pengembangan Penjaminan Kredit Konsumtif.

Melalui kerjasama ini diharapkan, sesuai amanah yang diberikan Gubernur Sumsel H Alex Noerdin untuk mengembangkan kegiatan koperasi bersama pengusaha lainnya terutama menyongsong Asian Games 2018 dapat berjalan dengan baik, sehingga melalui Asian Games, dua Koperasi ini dapat memiliki partisipasi yang signifikan.

Penandatangan MoU disaksikan langsung Plt. Sekda Provinsi Sumsel Joko Imam Sentosa selaku ketua pengawas, dilaksanakan bersamaan dengan rapat anggota tahunan (RAT) Koperasi KPRI Bersatu Teguh Setda Provinsi Sumsel tahun buku 2016, di ruang rapat Bina Praja Pemprov. Sumsel, Kamis (26/1).

Hadir dalam kesempatan ini, Direktur Utama Jamkrida Sumsel, Dian Askin Hatta, Ketua Koperasi KPRI Bersatu Teguh Provinsi Sumsel, Ahmad Nasir, Ketua Koperasi Bina Praja Sumsel, Syahril Zaman, serta peserta rapat yang keseluruhan anggota Koperasi.

Plt. Sekda Provinsi Sumsel Joko Imam Sentosa mengatakan, dirinya mengakui bahwa selama ini Koperasi kondisinya tidur (tidak ada peningkatan yang signifikan), namun berkat dukungan semua anggota di tahun 2016 bisa bangkit kembali, hingga menperoleh peningkatan Sisa Hasil Usaha (SHU) sebesar 37 kali lipat dan dan peningkatan aset sebesar 60 kali lipat dari tahun sebelumnya.

Joko Imam Sentosa menghimbau, sebagai upaya mendukung pengembangan Koperasi, dirinya mengharapkan seluruh pejabat dilingkup Setda Provinsi Sumsel mulai dari Sekda hingga Kepala Sub Bagian agar menjadi anggota Koperasi yang terdepan, dengan aktifitas keanggotaan yang baik.

“Saya mengharapkan seluruh pejabat di Sekretariat Daerah menjadi yang terdepan, karena siapa lagi yang akan membesarkan koperasi ini kalau bukan kita semua,” harapnya.

Terkait pengembangan usaha Koperasi, Joko Imam Sentosa mengungkapkan bahwa kedepan akan terus dikembangan kegiatan Koperasi bersama pengusaha lainnya di Sumsel, seperti saat ini sudah ada Mini Market Koperasi, Apotik, Laboratorium, dan bahkan akan dikembangkan usaha dibidang Kuliner Khas Sumsel, dan Pusat komoditi Khas Sumsel.

“Salah satu contoh saat ini sedang ada pembangunan 3 tower Apartemen untuk persiapan Asian Games yang nantinya akan dijual untuk umum, dan kontribusi Koperasi disiapkan satu Blok untuk usaha-usaha yang akan dilakukan Koperasi,” terangnya.

Sementara, Ketua Koperasi KPRI Bersatu Teguh Provinsi Sumsel, Ahmad Nasir mengatakan, sampai saat ini keanggotaan Koperasi KPRI Bersatu Teguh sudah mencapai 500 lebih anggota. Menurutnya, selama tahun 2016 pihaknya sudah melakukan berbagai upaya peningkatan serta pembenahan administrasi dan kelengkapan perizinan-perizinan untuk memenuhi ketentuan Perundang-Ungangan.

“Koperasi Bersatu Teguh memiliki dua usaha berbentuk Simpan Pinjam dan Non Simpan Pinjam, kondisinya saat ini terus mengalami peningkatan yang signifikan, seiring dengan respon dan harapan dari seluruh anggota melalui rapat anggota rutin dan setiap tahun,”pungkasnya.(rill)

Beri komentar