Home » Berita » Verifikasi Perusahaan Pers Dilakukan Bertahap

Verifikasi Perusahaan Pers Dilakukan Bertahap

Ambon, BP

Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) mengapresiasi yang telah dilakukan Dewan Pers terkait dengan pengumuman pers yang terverifikasi administrasi dan faktual. Pers yang belum terverifikasi tetap jalan sembari Dewan Pers melakukan verifikasi faktual.
Hal itu disampaikan oleh Ketua PWI Pusat Margiono saat acara Konkernas PWI di Maluku, Selasa (7/2). “Jadi jangan khawatir terhadap perusahaan pers yang belum memverifikasi. Karena konsep standar perusahaan pers ini adalah perwujudan dari Piagam Palembang pada saat HPN 2010 di Palembang,” kata Margi.
Hal yang sama dikatakan Anggota Dewan Pers Hendry Ch Bangun, verifikasi ini dilakukan terus-menerus dan dilakukan sepanjang waktu. Jika saat ini baru 74 perusahaan pers yang sudah terverifikasi faktual karena baru sampai jumlah itulah yang sudah dilakukan.
Beberapa syarat faktual ini seperti kantor dan kelengkapan serta legal perusahaan dan bentuk perlindungan terhadap profesi wartawan.
Dalam rangkaian konkernas juga dilangsungkan seminar persiapan penyelenggaraan World Press Freedom Day (WPFD) 2017 dan sosialisasi indeks kemerdekaan pers (IKP) 2016.#fir

Beri komentar