Home » Berita » ATM Setor Tunai Tolak Uang Desain Baru

ATM Setor Tunai Tolak Uang Desain Baru

Palembang, BP

Memasuki bulan keempat sejak uang rupiah baru diluncurkan, Bank Indonesia (BI) dan pihak perbankan di Sumatera Selatan (Sumsel) baru akan mengkoordinasikan permasalahan ditolaknya uang baru pada mesin (ATM) setor tunai.

Salah satu keluhan nasabah ini terjadi ketika bertransaksi di ATM setor tunai Bank BNI di kantor cabang Musi. “Saya ini tidak habis pikir, uang baru ini sudah diluncurkan ke masyarakat sejak empat bulan lalu. Tetapi hingga kini tidak bisa setor tunai melalui mesin setor tunai, seharusnya kalau sudah lama uang baru ini ada, baik BI maupun perbankan sudah siap melayani,” kata Uki (33) nasabah BNI ini, Rabu (5/4).

Dia mengatakan, terkadang nasabah perlu setor tunai di sore hari dan kantor cabang sudah tutup, sementara untuk ke cabang lainnya memerlukan waktu yang cukup lama. Hal ini cukup menganggu kelancaran dalam bertransaksi.

“Kalau masih baru sebulan diluncurkan uang baru ini, mungkin tidak masalah. Tapi kalau sudah lama, cukup kecewa juga, biasanya koordinasi BI dengan bank itu selalu intensif, sehingga permasalahan uang baru seperti ini bisa cepat ditangani,” katanya.

Demikian dikatakan nasabah lainnya, Mala (36) yang juga mengaku kecewa. Dia mengatakan, saat hendak transaksi setor setor tunai sebesar Rp1 juta dengan menggunakan pecahan Rp100 ribu dan Rp50 ribu uang tahun emisi 2016 tersebut di tolak mesin setor tunai.

Mesin setor tunai menyatakan transaksi yang dilakukan tidak bisa diterima. “Tidak tahu apa masalahnya, tapi setelah saya mencoba menggunakan uang seri lama transaksinya berhasil,” kata dia.

Mala menyayangkan hal ini dapat terjadi, apalagi uang emisi tahun 2016 yang dimilikinya berasal dari mesin ATM perbankan serupa. “Jadi aneh, bank saja jelas-jelas tidak menerima setoran. Padahal ‘kan mereka (bank) yang mengedarkan dan mesin tarik tunai ada uang pecahan baru,” katanya.

Sementara itu, Pemimpin Consumer Bankin BNI Wilayah Palembang Agung Gede Putra mengatakan, beberapa unit ATM memang ada beberapa yang belum di update sistemnya. Karena jenis mesin CDM/CRM berbeda tipe. “Sensor mesin harus di adaptasikan dengan jenis uang baru tersebut. Direncanakan pada Mei mendatang, kami akan melakukan setting ulang untuk jenis uang baru,” katanya.

Menurutnya, sejumlah bank saat ini masing menghadapi kendala serupa mengenai belum terdeteksinya uang pecahan baru tersebut. Hal tersebut mengingat vendor mesin perbankan rata-rata sama. “Untuk sementara waktu ini pelayanan setor tunai baru menerima uang emisi lama saja,” katanya.#ren

Beri komentar