Home » Berita » Pilkada Palembang : Kombinasi Pasangan Kandidat Yang Paling Diminati Pemilih

Pilkada Palembang : Kombinasi Pasangan Kandidat Yang Paling Diminati Pemilih

Sarimuda – Hernoe (Foto : Istimewa)

PALEMBANG – Pilkada Palembang kian menarik belakangan ini dengan maraknya komunikasi politik antar kandidat bahkan lebih dari sekedar komunikasi yakni sudah pada level branding berpasangan walaupun masih sangat dinamis.

Terkait pasangan kandidat pilkada Palembang ternyata masyarakat Palembang menginginkan pasangan yang saling melengkapi guna bersinergis membangun Palembang dimasa akan datang.

Mulasris – Lury (Foto : Istimewa)

Hal ini diungkapkan oleh Arianto, ST,  M. Si Direktur Eksekutif LKPI saat di wawancarai BP TRIJAYA,  Kamis (29/6/2017).

Berdasarkan temuan Survei LKPI,  pasangan saling melengkapi paling banyak diminati pemilih di Palembang.

“Dari segi kepribadian pemimpin, tertinggi sekitar 60 % lebih responden menyatakan menginginkan pasangan nasionalis religius untuk memimpin Palembang,”katanya.

Hal ini dikarenakan Kota Palembang dinilai sebagai kota religius dengan nuansa Darussalam yang masih begitu mengakar.

Selain itu menurutnya, tertinggi dari segi kapasitas,  pemilih Palembang juga menginginkan pasangan figur dari non parpol – partai politik seperti birokrat – parpol (tokoh yang diberi mandat parpol). “Kombinasi ini tertinggi dibandingkan yang lainnya yakni 60 – 40 persen.

Dari segi gender, kata mantan Koordinator LSI Sumsel ini,  tertinggi ada sekitar 70 persen menginginkan kombinasi antara Laki – laki – perempuan sebagai pasangan ideal Calon Walikota dan Calon Wakil Walikota Palembang.

Namun demikian pasangan unsur nasionalis – religius dan non parpol – parpol menjadi kunci yang penting bagi pemilih.

“Berdasarkan temuan jika Calon Walikota berasal dari kalangan nasionalis, maka tokoh religius akan lebih diminati untuk dijadikan wakilnya ketimbang sama-sama nasionalis,”katanya.

Hal yang juga dengan parpol pengusung kombinasi parpol nasionalis – parpol religius atau islam lebih disukai ketimbang sama-sama nasionalis.

Sementara,  Direktur Eksekutif Rumah Citra Indonesia M.  Zulfikar,  terkait pasangan kandidat di Pilkada Palembang mengatakan pasangan yang ideal adalah pasangan yang saling melengkapi dan siap mambagi “ruang kerja” masing-masing.

“Pasangan yang ideal tidak memiliki potensi one man show,”katanya.

Oleh karena itu, kombinasi dari segi pengalaman menjadi penting seperti birokrat – politisi atau sebaliknya,  birokrat – pengusaha atau sebalingnya,  politisi – pengusaha atau sebaliknya ketimbang satu unsur saja politisi – politisi,  birokrat – birokrat dan lainnya.  (Fatur).

Satu komentar untuk “Pilkada Palembang : Kombinasi Pasangan Kandidat Yang Paling Diminati Pemilih”

  1. Sinta

    Harno-Fitri

Beri komentar