Home » Berita » MERAWAT KEBERAGAMAN, SEBAGAI ROH KESATUAN INDONESIA

MERAWAT KEBERAGAMAN, SEBAGAI ROH KESATUAN INDONESIA

MERAWAT KEBERAGAMAN, SEBAGAI ROH KESATUAN INDONESIA
Memaknai Undangangan PSBI
Oleh Ronsen LM Pasaribu

Sedikit organisasi marga yang mengundang FBBI dalam hajatannya, jika kita lihat rentang waktu kebelakang ada satu Punguan Marga yaitu Pengurus Pusat Punguan Simbolon dohot boruna Indonesia. Melalu Undangan tanggal  Juni 2017, Ketua Umum PSBI, Dr. Effendi MS Simbolon, mengundang Dr. Ronsen LM Pasaribu,SH.MM, Ketua Umum FBBI dan jajarannya pada hari Sabtu, 8 Juli 2017, pkl. 08.30-selesai di Standion Soemantri Brojonegoro, Kungingan Jakarta.

Ternyata undangan ini, bermaksud juga untuk rangkaian acara selama 10 hari, dengan kegiataan internal dan kegiatan pagelaran acara seperti Turnamen PSBI Cup I, Marlaninglaning, Martonggoraja, Lomba Mewarnai, Lomba Design dan Fashion Show, Turnamen Catur Cup, Donor Darah, Sulang Bao, “Kongres PBSI”, Diskusi Panel,Kongres Ina PBSI, Mangkarihari Horbo, Kebaktian Raya, Penabalan Ketua PBSI, Manglahat Horbo, Simbolon 10 K, Mangan Si pitu dai, Kebaktian Minggu dan Penutupan.
Mengingat FBBI hanya bersifat undangan, maka beberapa teman memilih kegiatan yang terkait sesuai keinginan masing-masing didorong keingin tahuan untuk melihat dari dekat kegiatan punguan marga yang bersifat nasional ini. Seperti Feber Manalu, mengisi acara bernyanyi, Choky Pardede, Johannes Situmorang, Julious Pasaribu, Mutiara Marbun, didampingi Sekretaris Eksekutif FBBI , Liberty Simbolon merangkap panitia pelaksana PSBI, menghadiri hiburan oleh penyanyi batak nasional.

Sedang saya sendiri (RP) memilih hadir pada acara Sabtu, Kebaktian Raya yang dipimpin oleh Ephorus HKBP Pusat, mangkarhari Horbo dan Pelantikan Ketua Umum PSBI disaksikan oleh Wakil Presiden RI, Jusuf Kalla.  Acara yang cukup meriah dengan didukung oleh ratusan penari terasa acara ini sangat meriah dengan semangat persatuan marga Simbolon, boru, hula dan ale-ale. Dari Lay out Pesta Horja-Pesta Bolon 2017, tampak yang hadir adalah Tulang Limbong, Hula hula, Anggi Doli : Tamba Tua, Saragi Tua, Munthe Tua, Silalahi. Sedang dipanggung dibangun 7 rumah Bolon Simbolon.

Ephorus HKBP Dr. Darwin Lumban Tobing, berharap Pesta Bolon Simbolon ini membawa manfaat bagi jemaat gereja menjaga kesatuan dan sebagai saksi Kristus ditengah masyarkat bangsa dan Negara. Sedangkan, Jusuf Kalla, mengapresiasi kegiatan suku batak seperti Pesta Bolon Simbolon ini. Banyak suku yang menunjukkan keberagaman budaya Indonesia seperti Sulawesi, Papua, Jawa dan sebagainya. Oleh karena itu, keberagaman harus kita rawat sebab dalam keberagaman itulah kekuatan kita sebagai bangsa dan negara.

PSBI dan FBBI.
Undangan ini yang kedua kali, setelah Bulan Mei 2016 lalu, FBBI diundang juga mengikuti Seminar Nasional topik Adat dan Pariwisata di Parapat, Simalungun. Hadir DPD FBBI Sumatra Utara, DPC Kab Tobasa, DPC Kab Tapanuli Utara, DPC Kota Pematang Siantar dan DPC Sergei.

Manfaat kerjasama FBBI dengan Punguan Marga.
Kami akui, kegiatan bertaraf Nasional bagi sebuah marga, bermanfaat terutama bagi anggota marga itu sendiri secara nasional maupun secar regional setempat. Saat Kongres ini, selain pergantian pengurus, FBBI berharap agar benar-benar pertemuan dengan seluruh anggota marga se Indonesia diarahkan pada menjaga kesatuan persatuan orang batak itu sendiri. Manfaat lainnya hendaknya ada pemikiran agar pemimpin ini merumuskan bentuk kegiatan yang bermanfaat bagi kemajuan bonapasogit, sampai pada bentuk rencana aksinya yang dirasakan oleh masyarakat petani di bonapasogit.
FBBI menyodorkan program bersama yaitu mensukseskan program Gasibu, Gerakan Seribu. Hendaknya disambut oleh marga Simbolon, sebab seluruh punguan marga pada orang batak, sangat mungkin mendukung kegiatan Gasibu ini. Biarkan FBBI yang mengelola, namun donaturnya bisa orang batak dari marga apa saja. Inilah harapan kami secara langsung, sedangkan secara tidak langsung agar potensi marga-marga ini diarahkan membawa investasi ke kampung halaman masing-masing, seperti konsep Marhube/Martabe, Marsipature Hutana be.

Kami sampaikan apresiasi kepada PSBI yang sudah mampu mengelola kegiatan marga yang  begitu besar dan secara rutin.  Semoga mampu merumuskan program yang pro masyarakat kecil, di Bonapasogit dan atau juga ambil bagian dalam perjuangan Lingkunan Hidup yang saat ini diperjuangkan oleh lembaga lainnya. Terlebih melakukan pendampingan atas usaha pemerintah dalam memajukan Pariwisata Kawasan Danau Toba, bersama BPODT dan ormas lainnya.

Jakarta,a 09 Juli 2017, pkl. 21. 50 WIB.

RLMP/Ketum FBBI.

Beri komentar