Home » Berita » Anggota DPD RI Berharap Presiden Tingkatkan Dana Transfer Daerah - Trijaya FM Palembang

Anggota DPD RI Berharap Presiden Tingkatkan Dana Transfer Daerah

Palembang, BP — Setiap tanggal 16 Agustus, lembaga legislatif rutin menggelar pidato kenegaraan Presiden Republik Indonesia. Pidato tersebut akan disaksikan langsung oleh pejabat negara dan masyarakat Indonesia.

Berkaitan dengan hal tersebut, anggota DPD RI dapil Sumatera Selatan (Sumsel) Siska Marleni, SE, MSi berharap Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam pidatonya memberikan perhatian penuh terhadap daerah.

Menurut Siska, dua hal penting yang perlu mendapat perhatian presiden terkait daerah, yakni peningkatan dana transfer daerah dan dibukanya kembali moratorium pemekaran Daerah Otonomi Baru (DOB).

“Tidak hanya menyangkut jumlah dana transfer daerah yang perlu ditingkatkan tapi juga aspek kepastian yang bersifat final khususnya DAU dan transparansi DBH harus menjadi perhatian pemerintah pusat,” tegas Siska, Selasa (15/8).

Siska yang duduk sebagai anggota Komite IV DPD RI yang membidangi keuangan mengatakan, jika pemerintah menghendaki terjadinya akselerasi pembangunan, maka daerah harus mendapatkan porsi dana transfer daerah yang memadai dan kebijakan pemekaran DOB perlu dilanjutkan.

Lebih lanjut Siska mengatakan, tujuan pembentukan DOB adalah untuk meningkatkan kemandirian daerah, meningkatkan pelayanan publik, dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Lebih luas lagi tujuan pembentukan DOB diharapkan membawa kemudahan mendapatkan lapangan pekerjaan, dan kemudahan memperoleh dana transfer ke daerah dari pemerintah pusat seperti DAU, DAK, dan DBH.

Perlunya peninjauan moratorium DOB untuk diprioritaskan kepada usulan-usulan DOB yang telah sampai tahapan/memiliki amanat presiden (ampres).

Sebagai wakil daerah Siska berkepentingan untuk menyampaikan aspirasi daerah kepada pemerintah pusat berupa pembentukan daerah otonomi baru dan peningkatan dana transfer daerah sesuai amanat konstitusi. #edo/rel

Beri komentar