Home » Berita » Satu-satunya Program Studi di Sumatera - Trijaya FM Palembang

Satu-satunya Program Studi di Sumatera

Palembang, BP–Pascasarjana Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Fatah Palembang terus melakukan akselerasi pendidikan seiring dengan pesatnya kebutuhan pendidikan akan magister.

Teranyar, Pascasarjana UIN Raden Fatah Palembang akan membuka program studi baru yang merupakan satu-satunya yang ada di Sumatera yakni program studi Islam Interdisipliner Magister. Hal tersebut sebagaimana SK No. 4471 Dirjen Pendidikan Islam Kementrian Agama pertengahan Agustus 2017 lalu.

“Ini adalah prodi perdana di Pulau Sumatera dan hanya di UIN. Artinya, kita berharap Pascasarjana UIN bisa mengakomodir para sarjana dengan fokus pada Interdisipliner,”ujar Direktur Pascasarjana UIN Raden Fatah Palembang, Prof DR H Duski Ibrahim, MAg, Jumat (25/8).

Sambung dia bahwa sejumlah tenaga pengajar dari Doktor hingga Profesor telah dipersiapkan dalam membuka perkualiahan pada program studi baru ini. Bahkan setidaknya ada 31 profesor dan 36 Doktor yang menjadi tenaga pengajar.

Sementara itu, Ketua Panitia Penerimaan Prodi Baru Pascasarjana UIN Raden Fatah Palembang DR Ahmad Zainuri, MPd menyatakan bahwa dari program stu5di baru Islam Interdisipliner Magister ini menariknya memiliki 12 konsentrasi sehingga bisa disesuaikan dengan profesionalisme masing-masing.

Mulai dari Keungan Ekonomi Syariah (EKS), Pedagogik dan Keguruan (PGK), Kajian Gander dan Anak-anak (KGA), Administrasi dan Kabijakan Publik (AKP), Hukum Islam (HI), Teknologi Pendidikan (TP), Bahasa Arab (BA), Pengembangan Kurikullum (PK), Kajian Budaya dan Media (KBM), Politik dan Pemerintahan (PP), Sosiologi Islam (SI) dan Kependidikan dan Kekeluargaan (KK).

“Ini semua adalah konsentrasi dari program studi Islam Interdisipliner Magister yang kita buka. Artinya cakupan sangat luas, bisa politik, media, guru, dosen dan lain sebagainya,”terang Zainuri.

Dengan dibukanya program studi baru ini diharapkan bagi para akademisi atau masyarakat bisa langsung mendaftar di Pascasarjana UIN Raden Fatah Palembang karena merupakan prodi satu-satunya yang ada di Sumatera. Apalagi, pendaftaran hanya dibuka kurang dari dua pekan terhitung Senin depan.

Zainuri menyebut program studi baru ini akan dibuka mulai 28 Agustus sampai 8 September 2017. Sementara tes tertulia dan wawancara akan dilakukan serentak pada 11-12 September 2017 di Pascasarjana UIN Raden Fatah Palembang.

“Syaratnya minimal IPK 3,0 dan bagi dosen tetap tak harus memakai standar IPK dan tentunya adalah mengikuti rangkaian tes,” pungkasnya. #sug

Beri komentar