Home » Berita » SULIT AIR BERSIH, DESA INI BANGUN TUJUH SUMUR BOR

SULIT AIR BERSIH, DESA INI BANGUN TUJUH SUMUR BOR

Kesulitan mendapatkan air bersih menyebabkan Pemerintah Desa Sumber Bahagia, Kecamatan Lubuk Batang kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) harus berpikir keras guna mengatasi persoalan masyarakat tersebut.

Berkaca dari pengalaman tahun-tahun sebelumnya, akhirnya pihak desa merumuskan membangun beberapa titik sumur bor sebagai upaya dalam mengatasi persoalan itu.

Pjs Kades Sumber Bahagia Sobirin kepada wartawan, mengatakan, pihaknya telah membuat tujuh titik sumur bor di lokasi berbeda guna mengatasi kesulitan air bersih warga pada saat memasuki musim kemarau nantai. Saat ini pembangunan sumur sudah selesai sepenuhnya.

“Benar mas, saat ini kami telah membangun sumur bor di 7 titik dan pekerjaan pembangunan sumur bor tersebut sudah selesai 100 persen,” kata Sobirin.

Sobirin mengutarakan, bahwa di Desa Sumber Bahagia memang sangat membutuhkan sumur bor, karena selama ini, jika musim kemarau, warga akan kesulitan air bersih. Sedangkan Desa Sumber Bahagia ini jauh dari sungai karena posisi letak desa di dataran tinggi.

Sebelumnya pada rapat Musyawarah Desa (Musdes), ungkap Sobirin yang juga merupakan Pegawai Negeri Sipil (PNS) bertugas di kantor Kecamatan Lubuk Batang, bahwa warga telah sepakat untuk membangun sumur bor, maka dari itu kita prioritaskan membangun sumur bor tersebut.

“Ya, kita telah mewujudkan keinginan warga desa membangun sumur bor,” tutur Sobirin.

Sobirin juga menerangkan, di Desa Sumber Bahagia ini, ada tujuh dusun, masing-masing satu dusun telah memiliki satu sumur bor yang telah direalisasikan. Selain itu, sambung Sobirin, bidang pemberdayaan masyarakat ada 2 kegiatan dalam bentuk pelatihan yaitu pelatihan Jampidsus dan Peningkatan Kapasitas Badan Permusyawaratan Desa (BPD).

“Nanti kami juga akan mengadakan pelatihan untuk perangkat desa dan BPD, tapi setelah Dana Desa tahap II di cairkan,” terang Sobirin.

Kedepan pihak desa berencana akan membentuk Badan Usaha Milik Desa (Bumdes).

“Untuk tahun depan akan di bentuk Bumdes yang bertujuan agar dapat membantu perekonomian warga Desa Sumber Bahagia,” pungkasnya.[RMOL]

Beri komentar