Home » Berita » Tebar 5000 Bibit Ikan di Sungai Musi

Tebar 5000 Bibit Ikan di Sungai Musi

Palembang, BP

Untuk mempertahankan habitat jenis ikan di Sungai Musi, maka penting dilakukannya restocking (Penyebaran Benih). Maka, Pemerintah Kota Palembang menebar 5000 bibit ikan ke Sungai Musi.

 

Wakil Walikota Palembang Fitrianti Agustinda mengatakan, agar budidaya ikan ini tetap terjaga, pihaknya rutin menyebar bibit ikan ke Sungai Musi. Hal ini penting dilakukan agar tak terjadi kelangkaan dan kepunahan ikan di Sungai Musi akibat orang-orang tak bertanggung jawab mengambil ikan dengan cara yang tidak benar.

 

“Selama ini masyarakat selalu mengambil ikan-ikan yang ada di Sungai Musi dengan tidak bijaksana, jika tidak dilakukan restocking akan mengganggu keseimbangan ekosistem yang ada,” katanya usai menyebar ikan ke Sungai Musi, Rabu (23/8).

 

Ia mengatakan, selama ini masyarakat terus mengambil ikan yang ada di Sungai Musi, otomatis populasi ikan yang ada terus berkurang. Maka jika tidak dilakukan kegiatan konservasi ini, ikan-ikan khas air tawar yang ada di sungai Musi lambat laun akan punah.

 

Artinya dengan adanya restocking atau penyebaran benih ini kembali akan membantu menjaga keseimbangan ekosistem yang ada di Sungai Musi. “Saat ini kami sudah menyebar 5000 bibit ikan nila dan tembakang. Kegiatan ini menjadi agenda tahunan Pemerintah Kota Palembang untuk mempertahankan ekosistem di Sungai Musi,” terangnya.

 

Ia melanjutkan, pihaknya menginstruksikan Dinas Perikanan Palembang dan dinas terkait lainnya agar dapat membudidayakan ikan khas Kota Palembang yakni ikan Belido. “Memang masih susah dibudidayakan ikan Belido itu. Tapi sudah kita koordinasikan dengan pihak terkait agar segera dibudidayakan ikan Belido dan ikan Gabus karena saat ini sudah mulai langka,” jelasnya. #pit

Beri komentar