Home » Berita » Bawaslu Sumsel Himbau Pemerintah Daerah Tertibkan Baliho Balon Kepala Daerah - Trijaya FM Palembang

Bawaslu Sumsel Himbau Pemerintah Daerah Tertibkan Baliho Balon Kepala Daerah

Palembang, BP

Bawaslu Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) tidak bisa menertibkan baliho dan spanduk bakal calon (Balon) kepala daerah yang ada kalau bakal calon kepala daerah tersebut belum ditetapkan sebagai calon kepala daerah dalam pilkada 2018 oleh KPU setempat.
“Untuk posisi sekarang , kita hanya bisa memberikan himbauan kepada pemerintah daerah, terhadap pemasangan tanpa izin baliho dan spanduk yang mengganggu keindahanan dan estetika serta menutup penglihatan, agar di tertibkan, ini baru himbauan , kalau sudah di tetapkan sevagai calon tetap berkoordinasi tapi pengawas ada kewenangan untuk menertibkan itu , “ kata pimpinan Bawaslu Sumsel Kurniawan, Minggu (3/9).
Sedangkan,  untuk pemasangan atribut kampanye menurutnya difasilitasi oleh KPU setempat meskipun dalam dalam aturannya pasangan calon kepala daerah dapat menambah apa yang difasilitasi KPU tapi tidak boleh melebihi ketentuan.
“Artinya seluruh alat peraga kampanye seluruh desainnya nanti diserahkan ke KPU dan KPU akan mencetek seluruh alat peraga kampanye yang di perlukan untuk kebutuhan selama kampanye,” katanya.
Untuk penambahan alat peraga kampanye nanti,  diserahkan kepada pasangan calon kepala daerah tersebut tapi tidak boleh merubah desain dan bentuk harus sama persis yang di cetak oleh KPU, karena ini ketentuan ,” katanya.#osk

Beri komentar