Home » Berita » Dinilai Inovatif, Muba Diganjar Penghargaan Widigdapura - Trijaya FM Palembang

Dinilai Inovatif, Muba Diganjar Penghargaan Widigdapura

Sekayu, BP–Implementasi pembangunan daerah yang ramah lingkungan memang pantas disematkan pada Kabupaten Musi Banyuasin (Muba), betapa tidak pada momen Hari Ulang Tahun (HUT) Kabupaten Muba, Kamis (28/9), bumi Serasan Sekate ini berhasil menyabet penghargaan Widigdapura oleh Pusat Pengembangan Teknologi Tepat Guna Lipi (PPTTG-LIPI) dan menjadi Kabupaten satu-satunya di Indonesia yang berhasil meraih penghargaan tersebut di tahun 2017.
Keberhasilan penghargaan Widigdapura tersebut dikarenakan Kabupaten Muba tepatnya di Kecamatan Keluang berhasil melakukan pengelolaan asap cair untuk menunjang berbagai kebutuhan masyarakat.
“Ada lima indikator Teknologi Tepat Guna (TTG) yang di implementasikan, dan berdasarkan riset kami Muba layak mendapatkan penghargaan Widigdapura dan Muba satu-satunya Kabupaten di Indonesia yang tahun ini mendapatkan penghargaan tersebut,” ujar Kepala Pusat Pengembangan Teknologi Tepat Guna Lipi (PPTTG-LIPI) Dr Ir Yoyon Ahmudiarto usai menyerahkan penghargaan Widigdapura kepada Bupati Muba H Dodi Reza Alex Noerdin, Kamis (28/9).
Menurutnya, TTG yang diterapkan di Kabupaten Muba wajib dicontoh Kabupaten lain di Indonesia dan konsisten mengimplementasikan teknologi yang ramah lingkungan. “Pengelolaan asap cair di Muba ini sangat inovatif, terlebih saat ini pengelolaan asap cair di Muba sudah menjadi sumber pendapatan penghasilan masyarakat yang mendirikan BumDes,” jelasnya.
Sementara itu, Bupati Muba H Dodi Reza Alex Noerdin mengatakan dirinya bersama jajaran Pemkab Muba akan terus meningkatkan TTG di Kabupaten Muba. “Penghargaan ini hasil kerja nyata dari Pemkab Muba bersama warga, harus dipertahankan dan ditingkatkan,” harapnya.
Dodi menambahkan, pengelolaan asap cair di Muba saat ini kian diminati,selain ramah lingkungan juga memberikan kontribusi positif untuk pendapatan penghasilan warga. “Muba bertekad akan terus berinovasi demi kesejahteraan masyarakat banyak,” tutupnya.#arf

Beri komentar